Mimbar Pembaca Edisi Agustus 2020

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 02/08/2020

Solusi Kangkung Kurus

Saya menanam kangkung dengan teknologi budikdamber—budaidaya ikan dan sayuran di ember. Namun, kangkung tumbuh kurus. Bagaimana mengatasinya?

Kangkung budikdamber memerlukan sinar matahari dan nutrisi memadai untuk pertumbuhanya.

Reydi Gustiawan
Provinsi Bengkulu

Kangkung yang kurus pertanda kekurangan sinar matahari dan mengalami etiolasi. Selain itu, nutrisi tanaman, khususnya unsur-unsur nitrogen, fosfor, dan kalium (NPK) tidak mencukupi kebutuhan tanaman. Kemungkinan lokasi ember kurang mendapat sinar matahari sekaligus nutrisi pada air kurang memadai. Pindahkan ember ke lokasi yang paling baik sinar matahari pagi serta gunakan larutan probiotik untuk memfermentasi pakan ikan. Campurkan 1 tutup botol larutan probiotik (khusus perikanan), 250 ml air, dan larutan gula merah sekitar 1 ruas jempol dengan air secukupnya (agar gula merah larut). Diamkan selama semalam, tunggu hingga pakan mengembang. Selain fungsi probiotik dalam pakan ikan membantu menyehatkan pencernaan ikan, sekaligus membantu menjaga kualitas air budidaya agar terhindar dari mikrob-mikrob jahat dan memecah amonia menjadi nitrogen yang tersedia bagi tanaman.

Budikdamber Tanpa Matahari

Bila teras rumah kita tidak disinari matahari, adakah solusi untuk tetap berbudikdamber?

Bony Awwab
Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat

Beberapa pelaku budikdamber antara lain Kahfi Sunarya di Bintaro, Jakarta Selatan, meletakkan unit budikdamber di dalam rumah tanpa sinar matahari. Mereka tinggal di lingkungan padat sehingga tidak memiliki halaman. Ember budikdamber diletakkan di lantai 2 di dalam ruangan yang dekat dengan sumber sinar matahari. Budikdamber tetap bisa dilakukan termasuk kondisi minim sinar matahari. Konsekuensinya pertumbuhan tanaman lebih lambat dan air harus lebih sering dikuras supaya tidak terjadi penumpukan amonia dan nitrit. Anda juga bisa mencoba menggunakan lampu artifisial LED atau grow light sebagai pengganti sinar matahari.

Jenis wadah plastik budidaya sayuran pada budikdamber, akuaponik, ataupun hidroponik harus diperhatikan supaya aman dikonsumsi.

Penyerapan Oksigen Tanaman

Apakah tanaman yang dibudidayakan pada budikdamber atau akuaponik dapat menyerap oksigen dari dalam air atau oksigen terlarut pada siang hari?

Havid Anjar
Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Oksigen terlarut di dalam air budikdamber bukan untuk dimanfaatkan oleh tanaman, tetapi untuk ikan. Tanaman menggunakan oksigen di udara. Akar tanaman dapat menyerap nitrogen (dalam bentuk amonia, nitrit, dan nitrat) dan fosfat dari air budidaya. Tanaman menyerap oksigen dari udara pada malam hari, sedangkan pada siang hari menyerap karbon dioksida.

Sayuran Aman Plastik

Apakah kandungan plastik yang biasa digunakan sebagai wadah tanam budikdamber dan tidak mengganggu kualitas air budidaya maupun kesehatan?

Vinder Sinaga
Kecamatan Cilandak, DKI Jakarta

Jenis-jenis plastik polietilen tereftalat (PET/PETE) aman digunakan dalam berakuaponik, termasuk budikdamber. Jenis plastik itu kerap digunakan untuk wadah-wadah minuman seperti gelas plastik, botol, dan stoples. Jenis plastik lainnya yaitu HDPE (polietilen densitas tinggi) yang biasa digunakan sebagai kontainer minuman-minuman bervolume besar seperti susu, wadah es krim, serta tong biru.

Gunakan wadah tanam yang food grade untuk hidroponik dan hindarkan mengggunakan PVC.

Pipa Polivinil Klorida

Majalah Trubus, apakah aman menanam sayuran di pipa polivinil klorida (PVC)? Saya membaca di beberapa sumber bahwa pipa PVC tidak aman karena melepaskan bahan kimia yang dikandungnya jika terkena panas matahari.

Metta Vidya
Jakarta Selatan, DKI Jakarta

PVC masih diperbolehkan dalam standar berakuaponik menurut organisasi Certified Naturally Grown, Amerika Serikat. Sangat dianjurkan memilih bahan berhidroponik atau akuaponik yang food grade karena tersedia di pasaran pipa-pipa atau wadah tanam hidroponik atau akuaponik yang dirancang khusus sehingga terjamin food grade. Bahan-bahan alami seperti bambu dapat dijadikan alternatif.

Persiapan Budikdamber

Bagaimana cara menyiapkan air untuk budikdamber?

Prayogo Wicaksono
Kota Malang, Jawa Timur

Fermentasi pakan ikan menggunakan probiotik salah satu solusi menjaga kualitas air budidaya pada budikdamber.

Sebelum menebar benih ikan, endapkan air selama 2 hari dengan mencampurkan larutan probiotik sebanyak 1 sendok makan. Setelah itu ukur pH air, pH ideal untuk menebar benih yaitu 7. Ulangi perlakuan pemberian probiotik setiap pekan setelah menguras air.

Buahkan Jambu Kristal

Pohon jambu kristal saya daunnya kecil dan kering, serta bunga tidak pernah menjadi buah. Bagaimana caranya agar jambu saya dapat berbuah?

Aulina Rindang
Cinere, Kota Depok

Kemungkinan besar karena nutrisi tanaman kurang terpenuhi sehingga bunga tidak bisa bertahan lama dan pertumbuhan bagian-bagian lain dari tanaman juga terganggu. Ketika tanaman berumur 3 tahun ke atas, berikan pupuk TSP (triple super phosphate) dan NPK (nitrogen fosfor kalium) tiap 3 bulan sekali masing-masing 250 gram/pohon dan pupuk kandang 2 kaleng minyak/pohon. Upaya lain, pemangkasan dan penggemburan tanah di sekitar tanaman bila mengeras.

Daun Cabai Mengerut

Bagaimana cara mengatasi dedaunan cabai yang mengerut dan mengeriting?

Salman
Tangerang Selatan, Provinsi Banten

Penyebab daun cabai mengerut dan mengeriting adalah hama berupa kutu-kutuan seperti thrips, tungau, atau aphids. Jauhkan tanaman cabai dari tanaman cabai yang tua, menjaga kebersihan tempat tanam cabai dari gulma, serta berikan akarisida (larutan pengendali kutu-kutuan) berbahan aktif berbeda-beda secara bergantian dan berikan sesuai takaran yang dianjurkan informasi produk.

Konsumsi Eukaliptus

Aroma daun eukaliptus dapat menyembuhkan pilek. Bagaimanakah jika eukaliptus dikonsumsi? Kalau tidak salah daun eukaliptus dijadikan permen pagoda.

Makmoer
DKI Jakarta

Penelitian ekstrak daun eukaliptus (Eucalyptus globulus) yang diinjeksikan ke dalam pembuluh darah sebanyak 3 g menunjukkan efek penghambatan penyerapan fruktosa usus. Hal itu bagus untuk mencegah sindrom resistensi insulin yang menjadi penyebab utama diabetes mellitus dan hipertensi. Merujuk pada riset ilmiah terbaru oleh Keiichiro Sugimoto, konsumsi 2,592 mg ekstrak bubuk per hari selama 4 pekan aman untuk kesehatan.***

Jambu kristal membutuhkan asupan pupuk yang optimal untuk berbuah.

Tabulampot Jambu Air

Apakah cara membuahkan jambu air dalam pot sama dengan cara membuahkan jambu biji?

Mahmudi
Kota Bogor, Jawa Barat

Benar, kurang lebih sama. Yang terpenting ketersediaan pupuk yang mencukupi dan pemangkasan. Unsur terpenting yang dibutuhkan untuk berbuah yaitu kalium supaya calon buah jambu tidak mudah rontok. Gunakan pupuk yang mengandung kalium tinggi seperti KCl dan KNO3. Selain pemberian pupuk seperti pupuk TSP, NPK, dan pupuk kandang tiap 3 bulan sekali, bisa juga tambahkan minyak ikan sebanyak 5 kapsul dalam kurun waktu yang sama. Nutrisi tanaman pada tabulampot memang amat penting untuk diperhatikan, musababnya ruang tanam untuk tanaman sebatas pot saja.

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software