Mimbar Pembaca April 2021

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 02/04/2021

Vanili Sulit Berbuah

Ibu kos saya menanam vanili sangat banyak di pekarangannya. Namun, tanaman tidak kunjung berbuah. Apa yang menyebabkan lambatnya tanaman berbuah?

Tanaman Vanili

Juno
Kota Semarang, Jawa Tengah

Beragam penyebab tanaman vanili enggan berbuah. Bibit tanaman bukan jenis genjah berbuah. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat merilis varietas unggul Vania 1  (2,1 ton) dan Vania 2 (1,8 ton) per ha. Lingkungan tumbuh tidak cocok. Vanili memerlukan iklim 2—3 bulan kering, curah hujan 1.500—2.500 mm/tahun dan intensitas cahaya 30—50%. Vanili tidak cocok ditanam di tempat bercurah hujan tinggi karena vanili memerlukan 2–3 bulan kering untuk memacu pembungaan. Curah hujan terlalu tinggi memicu busuk. 

Jenis-Jenis Vanili

Apakah hanya ada satu jenis vanili di dunia?

Santoso
Kabupaten Jember, Jawa Timur

Genus Vanilla sp. setidaknya terdiri atas 26 spesies. Tiga jenis spesies yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia, yaitu Vanilla planifolia yang merupakan spesies terbesar dikembangkan di dunia termasuk di Indonesia. Selain itu ada Vanilla tahitensis dan Vanilla pompona. Adapun nama-nama dagang vanili yang populer terdiri atas 2 jenis yaitu Bourbon vanilla (berasal dari V. planifolia  yang ditumbuhkan di Madagaskar dan Indonesia), Mexican vanilla (V. planifolia yang tumbuh di tanah asalnya yaitu Meksiko), Tahitian vanilla (V. tahitensis), dan West Indian Vanilla (V. pompona). 

Buah vanili kering hasil panen.

Perawakan Gembili

Apakah gembili termasuk tanaman merambat? Saya bingung membedakannya dengan tanaman umbi-umbian yang lain

Rosalia Paramitha
Singapura

Ya, betul. Gembili atau Dioscorea esculenta merupakan tanaman merambat. Kemampuan merambat hingga setinggi 2,4 m dan melebar 1,8 m.

Organik di Pekarangan

Majalah Trubus mengulas profil Slamet Siatim yang mengembangkan pertanian organik di pekarangan. Saya juga melihat unggahan Instagram Trubus mengenai berorganik di pekarangan ala Slamet Siatim dari Perkumpulan Brenjonk. Saya jadi ingin melakukannya sendiri di rumah. Bagaimanakah langkah-langkah yang harus saya lakukan?

Sulistiya Arini
Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

Para petani sayuran organik Perkumpulan Brenjonk membangun rumah sayuran organik (RSO) untuk menumbuhkan tanaman-tanamannya. RSO dibangun di setiap pekarangan warga. Ukuran rumah sayur organik berukuran 5 m x 10 m dengan atap plastik ultraviolet dan dinding kain jaring. Warga menanam sayuran daun seperti kangkung, bayam, selada, dan siomak di dalam RSO. Selain tanaman yang akan dipanen, tanamlah juga tanaman-tanaman penghalau hama (serai) serta pendatang predator hama (kenikir, jengger ayam) di antara tanaman sayuran supaya mengurangi kehadiran hama secara alami. Tak lupa Anda harus mempersiapkan pestisida dan pupuk organik untuk merawat kebun organik Anda. Ketika membeli bibit perhatikan jenis bibit yang Anda dapat merupakan bibit organik tanpa perlakuan kimiawi. Tambahan, buatlah pupuk kompos secara rutin dari sampah organik rumah tangga supaya sekaligus membantu mengurangi jumlah sampah. Untuk menghindari serangan hama dan penyakit, lakukan rotasi tanaman.

Budidaya Melon di Polibag

Apakah melon bisa dibudidayakan di kebun menggunakan polibag?

Saptono Linggarto
Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Ya, bisa. Banyak pekebun telah mempraktikkannya. Perkebunan melon chamoe di The Farm Hill, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah di dalam rumah kaca seluas 1.000 m² dengan populasi 3.500 tanaman. Perkebunan itu menggunakan sistem hidroponik. Tanaman anggota famili Cucurbitaceae itu dirambatkan menggunakan tambang plastik 3,5 meter. Pekebun melon lainnya di daerah Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Irson Sylviano,membudidayakan melon jenis honey atau melon madu dan jenis dalmatian atau galaxy. Ia membudidayakan melon dengan teknik hidroponik dan menggunakan media rockwool dan serbuk sabut kelapa atau cocopeat pada wadah polibag. 

Air rebusan lengkuas

Pertanian Terpadu

Keren sekali konsep pertanian terpadu Ir. Heri Sunarto di Desa Jagan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, yang pernah dibahas oleh Trubus. Apakah area persawahannya terbuka atau tertutup? Jika areal terbuka, apakah aman untuk lele dan ayam? Selain itu saya penasaran kandang ayamnya ada di sebelah mana.

Budi Setiadi Daryono
Kabupaten Sleman, D. I. Yogyakarta

Pada sistem pertanian terpadu rancangan Ir. Heri Sunarto air sumur bor dialirkan ke kolam-kolam ikan masing-masing 6,25 m2. Di sepanjang atas kolam-kolam ikan itu dibangun kandang ayam 3 tingkat. 

Lengkuas Untuk Imunitas Tubuh

Pada unggahan Instagram Trubus @majalahtrubus pernah mengulas tentang lengkuas bangun imunitas sebagai salah satu herbal yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama pandemi korona. Bagaimanakah cara penggunaannya?

Nuraini
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Dr. Sari Haryanti, M.Sc., Apt., periset dari Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Kesehatan, Tawangmangu pernah menguji efek mengonsumsi rebusan lengkuas untuk membantu penyembuhan kanker. Ia menggunakan dosis sekitar 58 gram rimpang kering. Kemudian rimpang direbus dengan 100-200 ml air, saring. Tunggu dingin kemudian diminum.

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software