Mimbar Pembaca April 2020

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 01/04/2020

Mengkudu Lawan Antraknosa

Apakah larutan mengkudu dapat menekan serangan antraknosa pada cabai?

Andy Agus Cahyono
Surabaya, Jawa Timur

Ekstrak daun mengkudu efektif menghambat pertumbuhan cendawan yang menyebabkan antraknosa. Gunakan daun mengkudu di ruas 4—5 dari pucuk daun. Cuci bersih 100 gram daun mengkudu, kering anginkan, potong, dan lumatkan. Berikan air secukupnya supaya proses pelumatan baik dan tambahkan 100 liter akuades atau air murni. Saring dan semprotkan larutan itu di sekujur tanaman.

Media Batu Apung

Apakah batu apung untuk media sama dengan media pasir malang?

Ririd Ermadi
Blitar, Jawa Timur

Batu apung dan pasir malang adalah dua jenis media yang berbeda. Batu apung berasal dari lava berbuih yang terpadatkan setelah letusan gunung berapi, sedangkan pasir malang berasal dari lahar (lava yang telah bercampur dengan material lain seperti air) gunung berapi yang mendingin secara cepat.

Anting-Anting Tetes Mata

Apakah benar tanaman anting-anting Acalypha indica berfaedah obat tetes mata?

Djoko Logamarta
Jakarta

Belum ada penelitian yang membuktikan Acalypha indica berkhasiat sebagai obat tetes mata. Selama ini penelitan-penelitian masih mengungkap khasiat Acalypha indica untuk menurunkan kadar asam urat dan kadar gula dalam darah pada hewan uji. Suku Rejang di Desa Tabateret, Bengkulu, menggunakan A. indica sebagai obat sesak napas dan batuk.

Bibit Pepaya

Bibit Pepaya, Jeruk, dan Talas

Saya ingin menanam pepaya merah delima, talas beneng, dan jeruk keprok borneo prima. Di manakah saya bisa mendapatkan benih tanaman-tanaman itu?

Nagangi Sitepu
Lubukpakam, Sumatera Utara

Silakan hubungi: Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Jl. Raya Tlekung No.1, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65327 (bibit keprok borneo prima). Dudi Supriyadi, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang (talas beneng). Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) atau PT Raja Pilar Agrotama (RPA) Jl. Imogiri Barat No.Km.7, Semail, Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta 55187 (pepaya merah delima).

Tembakau Pelindung Api?

Pada majalah Trubus edisi Juni 2007 di rubrik Riset disebutkan ekstrak daun tembakau untuk melapisi besi, tembaga, dan aluminium untuk mencegah karat. Apakah ekstrak tembakau dapat juga digunakan sebagai lapisan pelindung api pada bangunan atau fire protection coating?

Lily Tambunan
Kota Bandung, Jawa Barat

Hingga saat ini belum ada penelitian yang mengkaji ekstrak tembakau sebagai penghambat api untuk konstruksi bangunan. Namun beberapa tanaman yang diprediksi baik sebagai penghambat api yaitu sabut dan tanaman-tanaman yang gugur menahun. Sabut mengandung selulosa yang rendah dan lignin yang tinggi. Tanaman-tanaman yang gugur menahun mengandung selulosa rendah, ligning tinggi, dan hemiselulosa cukup tinggi.

Keong Mabuk Kepayang

Bagaimanakah cara membuat larutan ekstrak biji picung untuk mengatasi keong mas?

Rury
Pontianak, Kalimantan Barat

Cincang 500 gram daging biji keluwak segar dan larutkan dalam 500 ml akuades atau air murni selama 24 jam. Setelah itu saring larutan dengan kain tipis untuk memisahkan filtratnya. Jadilah larutan ekstrak kepayang. Selanjutnya ambil 21 ml larutan ekstrak dan larutkan pada 479 ml akuades untuk membuat 10 ppm larutan ekstrak biji picung. Itulah dosis paling efektif membunuh keong mas menurut hasil penelitian Marisda Sulistianingsih dan rekanan dari Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Getah Pisang Sembuhkan Luka

Berapakah dosis yang baik untuk menggunakan getah pisang sebagai penyembuh luka pada kulit secara medis?

Sulaeman Idris
Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Penelitian pada marmut untuk membuktikan efek getah pisang pada pembentukan ulang jaringan epitel gusi. Getah pisang raja yang dilarutkan dalam Na-CMC 1%—turunan selulosa yang kerap digunakan pada industri pangan atau farmasi untuk mencegah kerusakan bentuk produk dan diaplikasikan pada lubang bekas gigi yang dicabut. Dalam waktu 24 hari lubang sudah tertutup epitel dan lapisan keratin. Namun, peneliti Juwita Raditya Ningsih dan rekanan dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Gajah Mada tidak mencantumkan dosis.

Pisang terjangkit fusarium.

Atasi Fusarium Pisang

Bagaimanakah cara mengatasi fusarium pada pisang?

Alip Rindra
Kota Kediri, Jawa Timur

Salah satu cara efektif mengendalikan fusarium pada pisang dengan trichoderma endofit. Gunakan trichoderma yang ada di tanah di sekitar tanaman.

Jeruk Purut versus Kutu Beras

Bagaimanakah caranya memanfaatkan daun jeruk purut untuk mengatasi kutu beras?

Devi Nuraini
Jakarta

Cacah 5 gram daun jeruk purut dan campurkan dengan 100 gram beras.***

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software