Mimbar Pembaca April 2019

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 01/04/2019

Kerantungan

Bibit Kerantungan dan Marahwin
Saya tertarik membeli bibit durian mini kerantungan dan marahwin. Namun, sulit mendapat bibit kedua jenis tanaman itu. Di mana saya bisa memperolehnya?

Irene Tjhia
Jakarta

Habitat kerantungan Durio graveolens dan kahrawin Durio oxleyanus di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Penangkar bibit tanaman buah di Pulau Jawa belum menyediakan bibit kedua tanaman itu.

Pelatihan di Flores
Apakah Majalah Trubus berencana menyelenggarakan pelatihan di Flores, Nusa Tenggara Timur?

Antonius Blantran
Larantuka, Nusa Tenggara Timur

Pada masa yang akan datang menyelenggarakan pelatihan di Flores sebuah keniscayaan. Namun, saat ini kami baru menyelenggarakan pelatihan di Malang, Jawa Timur dan Sumatera Utara. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Dian/Dita melalui nomor 0813-1603-4009.

Kedelai di Bawah Karet
Saya pernah membaca artikel penanaman kedelai di bawah tegakan jati di Majalah Trubus. Apakah memungkinkan saya menanam kedelai di bawah tegakan karet?

Sam
Palembang, Sumatera Selatan

Kedelai

Menanam kedelai di bawah tegakan karet sangat mungkin. Peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi), Malang, Jawa Timur, Titik Sundari dan Purwantoro, menanam kedelai di bawah tegakan karet berumur 3—4 tahun. Hasil panen bervariasi antara 800—1.400 kg per hektare. Hasil optimal dengan menggunakan benih kedelai toleran naungan, antara lain Genotipe IBM22-861-2-22-3-1 dan AI26-1114-8-28-1-2.

Hama Rumput Jepang
Bagaimana menghilangkan laba-laba yang bersarang di rumput jepang?

Usman Halide
Balikpapan, Kalimantan Timur

Semprotkan larutan insektida di sekitar area tempat serangga bersarang untuk mengendalikan laba-laba.

Jamur di Pohon Durian
Durian di kebun saya kerap terserang cendawan. Biasanya serangan itu terjadi pada musim hujan. Gejalanya daun lengket, berjamur putih, dan layu. Bagaimana cara menanggulanginya?

Prayitno Marih Santoso
Surabaya, Jawa Timur

Itu bisa jadi serangan Phytophthora palmivora atau busuk batang. Penularan penyakit itu melalui angin dan air. Angin membawa spora yang masih hidup, sementara air bisa meningkatkan kelembapan yang membuat cendawan lebih cepat berkembang. Phytophthora merupakan anggota kerajaan Protista yang mirip cendawan dan memiliki karakter seperti alga. Oleh karena itu, penyemprotan fungisida kurang efektif. Pencegahannya dengan penggunaan varietas tanaman yang tidak rentan dan cukup nutrisinya. Solusinya menebang pohon yang terserang Phytophthora, lalu mengganti dengan varietas durian unggul yang toleran busuk daun, salah satunya matahari. Lihat Trubus 526 – September 2013/XLIV halaman 88-89.

Anggur Tak Berbuah
Saya menanam anggur dan kini berumur 4 tahun. Mengapa tanaman anggur itu tidak kunjung berbuah?

Iman Prayogi
Brebes, Jawa Tengah

Pastikan tanaman Anda di bawah naungan. Tanaman anggur yang terkena hujan langsung enggan berbuah. Lazimnya tanaman berbuah setahun setelah tanam. Upayakan menanam anggur saat musim panas, tujuannya agar tahun depan berbunga pada musim panas juga. Di negara tropis, hujan yang tanpa diprediksi menghasilkan buah berkualitas jelek, seperti pecah dan terserangan cendawan. Di beberapa lokasi yang memiliki bulan hujan sedikit, yaitu minimal 3—4 bulan kering berturut-turut maka tanaman berpotensi 2 kali berbuah dalam setahun. Penyebab dan cara mengatasi anggur yang belum berbuah silakan baca Trubus 561 – Agustus 2016/XLVII halaman 80—81.

Kopi Latte

Pelatihan Kopi
Kapan Majalah Trubus menyelenggarakan pelatihan kopi lagi ? Berapa biaya per peserta?

Nico Zhu
Medan, Sumatera Utara

Kami akan mempertimbangkan untuk mengadakan pelatihan kopi lagi pada masa yang akan datang. Biaya pelatihan kopi Rp3.250.000 per peserta. Fasilitas berupa transpor pulang pergi Bandung—Pangalengan, menginap 1 malam, makan, dan kudapan, kelengkapan alat pelatihan, serta sertifikat. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Dian/Dita melalui nomor 0813-1603-4009.***

Tags: , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software