Media Pas Aroid

Filed in Majalah, Topik by on 03/11/2020

Aglaonema sentosa dengan media tanam tepat.

Media tanam kunci tanaman sehat. Menurut Manajer Produksi CV Mandiri Jaya Flora, Sriningsih Budiyanti, media tanam ibarat rumah bagi tanaman. Media tanam tepat menjadikan pertumbuhan tanaman hias optimal. Menurut Ningsih media tanam tepat harus bersih tanpa bibit penyakit. Adapun jenisnya berupa campuran sekam dan serbuk sabut kelapa (cocopeat) atau cacahan sabut kelapa halus.

Sekam dan serbuk sabut kelapa yang berpori makro kaya udara memudahkan perakaran tanaman. Ningsih menururkan, khusus tanaman muda atau bibit sebaiknya gunakan cacahan media yang paling halus. Adapun pH ideal 6,2—6,5, dengan electrical conductivity (EC) 0,21. Menurut Ningsih jika pH dan EC tidak sesuai pertumbuhan tanaman kurang optimal. Gejalanya daun tanaman layu.

Menurut pehobi anthurium di Surakarta, Jawa Tengah, Eko Irianto, media tepat bergantung terhadap lokasi. Eko mencontohkan media yang bisa menyimpan air lebih cocok di tempat beriklim panas. Sebaliknya, media yang kurang bisa menyimpan air lebih cocok di tempat beriklim dingin. Kaitanya dengan penguapan dan ketersediaan air pada media. Jika kurang air tanaman akan layu dan kering. Adapun kelebihan air menyebakan busuk dan bercendawan. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Tags: , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software