Media & Aroid

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 02/11/2020

Wartawan Trubus Rosy Nur Apriyanti paling atas kedua dari kiri.

Wartawan Trubus Rosy Nur Apriyanti sudah bersiap mengurus visa ke Kedutaan Besar Korea Selatan. Alumnus Departemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor itu akan mengikuti pelatihan di Kota Goesan, Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan, atas undangan Asian Local Governments for Organic Agriculture (ALGOA) dan The International Federation of Organic Agriculture Movements (IFOAM) wilayah Asia. Untuk mengikuti pelatihan organik internasional itu para peserta, termasuk Rosy, membuat laporan perkembangan organik di negara masing-masing yang sedianya dipresentasikan secara langsung.

Namun, pandemi virus korona mengubah pertemuan menjadi virtual. Rosy akhirnya batal mengunjungi Goesan dan mengikuti kegiatan itu secara virtual selama tujuh hari mulai 18 September 2020. Panitia memuji wartawan Trubus yang menyajikan data lengkap, padat, dan informatif.

“This is marvelous! How did you create the powerpoint? ujar Vic Anthony Joseph F. Tagupa, Chief Operations Officer IFOAM Asia.

Rosy “bergabung” dengan 29 peserta dari beberapa negara seperti India, Nepal, Filipina, dan Thailand. Beberapa pekan berselang, pada 12 Oktober 2020 Rosy mengikuti konferensi tingkat tinggi Asia Local Government for Organic Agriculture (ALGOA). Wartawan lain, Riefza Vebriansyah, memberikan materi peluang bisnis aroid memenuhi undangan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Barat. Ada pula wartawan yang berangkat ke Yogyakarta memberikan materi peran media dalam pemulihan sektor pertanian.

Begitulah kegiatan wartawan Anda. Di antara tenggat yang mengimpit tetap harus menyempatkan menghadiri konferensi atau seminar. Tentu saja tugas utama sebagai wartawan tetap dipenuhi antara lain meliput dan menuliskannya. Majalah Trubus edisi November 2020 menyajikan laporan utama potret pasar aroid atau tanaman hias anggota keluarga Araceae seperti aglaonema, anthurium, monstera, dan philodendron. Masyarakat heboh mengetahui sebuah tanaman berharga Rp30 juta.

Padahal, banyak juga aroid yang harganya murah meriah. Laporan lengkap bisnis aroid tersaji di rubrik Topik hingga 20 halaman. Pembaca terhormat, selamat menikmati sajian khas Trubus. Peran Trubus sebagai media pertanian persis apa yang disampaikan Denis McQuail. Ahli Komunikasi Massa kelahiran London, Inggris, 12 April 1935 menyampaikan satu di antara tujuh peran media massa adalah sebagai petunjuk, pemandu, atau penerjemah.

Menurut McQuail media menunjukkan arah dan memberikan makna apa yang membingkungkan atau tidak utuh. Majalah Trubus mengambil peran itu. Bahkan, untuk hal lain seperti budidaya tabulampot atau vanili sekalipun. Kelas Trubus menyelenggarakan pelatihan kiat melebatkan buah tabulampot pada 28 November, budidaya vanili (14/11), dan bisnis minyak asiri (21/11). Iki Faizal di Kelas Trubus siap membantu Anda.***

Salam

Sardi Duryatmo

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software