Lomba Buah & Info Khusus

Filed in dari redaksi by on 04/10/2013

Nama lazis djiddan untuk mangga terdengar asing di telinga. “Artinya enak sekali,” kata dr H Fuadi Yatim, pemilik mangga itu. Dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mengantarkan sendiri buah mangga koleksi di halaman rumahnya ke kantor Majalah Trubus untuk mengikuti Lomba Buah Unggul Nasional (LBUN) periode 2003. Citarasa mangga yang Fuadi dapat dari seorang rekan di Cirebon, Provinsi Jawa Barat, seperti namanya: enak, manis.

Belum lagi daging buahnya tebal, halus, tidak benyek, dengan warna jingga terang, dan menguarkan aroma harum. Bijinya pun tipis. Bobot buah rata-rata di atas 500 g. Pada akhir lomba para juri yang terdiri atas perwakilan dari akademisi, pakar buah, dan pengusaha pemasaran hortikultura menobatkan lazis djiddan sebagai juara pertama pada kategori mangga.

Pascalomba, telepon di kediaman Fuadi lebih kerap berdering dari peminat yang menanyakan lazis djiddan. Fuadi pun memproduksi bibitnya hingga 1.000 bibit.  Kemenangan dalam lomba memberi nilai ekonomi bagi para pemiliknya di satu sisi. Di sisi lain menjadi sumber informasi bagi para pehobi dan pekebun tentang buah unggul yang layak diusahakan dalam skala luas, pun sebagai tanaman koleksi.

Pembaca terhormat, Majalah Trubus menyelanggarakan LBUN sejak era 1980-an. Setelah vakum selama beberapa tahun, mulai Oktober 2013 kami kembali menggelar lomba itu. Periode lomba hingga pertengahan 2014 untuk memberikan kesempatan kepada para pehobi, penangkar, pekebun, kelompok tani, maupun dinas terkait untuk dapat berpartisipasi. Informasi lebih lanjut tentang lomba dapat dilihat pada iklan lomba edisi ini atau menghubungi Suci atau Devi di nomor telepon 021-872 9060, HP 0813 1603 4009, pin 28B9ADA4.

Pada edisi ini Anda juga dapat menikmati sajian baru kami, Info Khusus berisi 16 halaman tambahan dari edisi reguler. Info Khusus kali ini memuat informasi terbaru di dunia herbal, terkait riset mutakhir temulawak, kayumanis, dan buah kopi. Informasi itu melengkapi sajian edisi Oktober 2013 dengan topik bisnis di seputar burung berkicau yang sedang tren seperti pakan, sangkar, dan aksesori. Selamat membaca.***

Salam,

Evy Syariefa

Tags:

 

Powered by WishList Member - Membership Software