Lidah Mertua Jawara Malang

Filed in Majalah, Tanaman hias by on 04/03/2018
Jawara variegata utama.

Jawara variegata utama.

Adu cantik sansevieria variegata dan hibrid di kontes tingkat nasional.

Andy Chandra semringah ketika sebuah bendera menancap di pot Sansevieria pinguicula variegata miliknya. Artinya, para juri mendaulat sansevieria itu sebagai juara 1 kelas variegata small B. Itu salah satu kelas bergengsi pada Kontes Sansevieria 2018 yang digelar di Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada 14 Januari 2018. Menurut juri asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Febri Widhi Armanu, “Sansevieria itu layak menang karena warnanya tajam dan tegas antara kuning dan hijau. Selain itu susunan tiap daun kompak dan sehat,” katanya.

Andy mendapatkan Sansevieria pinguicula dari pehobi lain pada Mei 2017. Saat itu penampilan lidah mertua itu memang yahud sehingga ia tinggal meneruskan merawat. Agar tanaman itu tetap cantik Andy rutin menyiramkan NPK lengkap tiga pekan sekali. Konsentrasinya seujung sendok makan NPK dilarutkan dengan seliter air. Pria asal Sidoarjo, Jawa Timur, itu meletakkan sansevieria jawara di bawah naungan atap berbahan polikarbonat. Ia menggunakan campuran pasir, perlit, dan pupuk kotoran kambing dengan perbandingan 1:1:1 sebagai media tanam.

Juara satu hybrid round leaf keturunan Sansevieria flaha.

Juara satu hybrid round leaf keturunan Sansevieria flaha.

Hibrida
Berkat perawatan itulah koleksi Andy menjadi yang terbaik di kelas bergengsi kontes sansevieria tingkat nasional. Kebahagiaan tidak hanya milik Andy. Koleksi sansevieria milik pehobi asal Surabaya, Jawa Timur, Andre Martha, juga menjadi juara I di semua kelas hibrid yaitu hybrid round leaf dan hybrid flat leaf. Di kelas hybrid round leaf sansevieria keturunan Sansevieria flaha menjadi yang terbaik, sedangkan sansevieria silangan S. robusta dengan S. desertii memukau para juri di kelas hybrid flat leaf.

Juara 1 mix majemuk.

Juara 1 mix majemuk.

Menurut Febri kelebihan jawara kelas hibrid adalah kerapian susunan daun tanaman. Selain itu juga termasuk jenis-jenis baru di dunia sansevieria. Semua keunggulan itu makin sempurna dengan pemilihan pot cantik dan serasi. Lebih lanjut Febri mengatakan penampilan para peserta makin bagus karena para pehobi semakin memahami perawatan dan cara menghasilkan hibrid yang cantik. Merawat sansevieria hibrid gampang-gampang susah. Menurut Andre menghindari pembungaan salah satu cara agar penampilan sansevieria hibrid maksimal.

Sansevieria mini size terbaik.

Sansevieria mini size terbaik.

Oleh karena itu setiap hari ia memeriksa koleksinya apakah muncul anakan dan berbunga atau tidak agar perkembangan tanaman optimal. Apalagi sansevieria hibrid gampang beranak. Andre mengandalkan media tanam campuran sekam, klenteng, dan pasir malang dengan perbandingan 1:1:1. Menurut ketua panitia kontes, Muhajir, kontes yang diselenggarakan komunitas Malang Raya Sansevieria (MARS) itu diikuti 85 sansevieria dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Solo (Jawa Tengah), dan Surabaya (Jawa Timur).

Panitia, juri, peserta, dan semua pehobi sansevieria tampil kompak demi berkembangnya lidah mertua di Indonesia.

Panitia, juri, peserta, dan semua pehobi sansevieria tampil kompak demi berkembangnya lidah mertua di Indonesia.

Kualitas bagus
Muhajir menuturkan sangat puas meski jumlah peserta sedikit. “Kualitas peserta bagus-bagus,” tuturnya. Kesuksesan kontes itu berkat kekompakan para pehobi sansevieria. “Dana kontes murni swadaya teman-teman pencinta sansevieria,” kata Muhajir. Bentuk sumbangan beragam mulai dari uang tunai hingga lelangan tanaman hias. Kekompakan antarpehobi sansevieria modal utama berkembangnya lidah mertua di Indonesia. Menurut juri asal Surabaya, Sapto Nugroho, sejatinya perkembangan sansevieria tidak stagnan.

579_ 81Buktinya banyak pehobi baru bermunculan terutama di dunia maya. Sayangnya mereka masih takut mengikuti kontes. Musababnya para pemain baru kerap membeli sansevieria yang masih kecil atau belum menunjukkan performa aslinya sehingga belum memenuhi kriteria kontes. Meski begitu semangat para pengagum lidah mertua tidak pernah padam. Apalagi sansevieria jenis baru hasil penyilang dalam negeri terus bermunculan. Kualitas tanaman peserta kontes pun meningkat. (Bondan Setyawan)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software