Lahan Rapi Karena Mulsa

Filed in Inspirasi, Majalah by on 05/03/2020

Weedmat dapat digunakan di lahan untuk penanaman glodokan tiang (Polyalthia longifolia).

 

Penutup tanah berupa mulsa woven atau weedmat ampuh mencegah gulma. Lahan pertanian lebih rapi.

Luas lahan Logan’s Nursery mencapai 340 hektare. Meski demikian, nurseri di Donnybrooks, Brisbane, negara bagian Queensland, Australia, itu tampak rapi. Pemilik nurseri, Graeme Logan, menghamparkan weedmat atau mulsa woven berbahan plastik untuk menutupi permukaan tanah. Di atas mulsa itulah Logan yang memasarkan hingga 300-an spesies tanaman itu meletakkan kantong tanam.

Tanaman berbagai fase ada yang setinggi 125 mm, 200 mm, bahkan setinggi 7 meter dalam kantong tanam 3.000 liter tersedia di nurseri yang berdiri pada 2000 itu. Sebelum meletakkan beragam spesies antara lain seperti Alpinia mutica, Alocasia brisbanensis, Calistemon salignus, dan Ficus benjamina dalam kantong tanam, Logan menggelar mulsa woven. Itulah sebabnya, nurseri yang dicapai satu setengah jam bermobil dari pusat kota Brisbane tampak rapi.

Cegah gulma

Logan’s Nursery di Donnybrooks, Brisbane, negara bagian Queensland, Australia menggunakan matras woven.

Anggota staf Nurseri Logan, Debby Green, mengatakan, ”Kami menggunakan weed mat selama 20 tahun. Penggantian dilakukan setiap 8―10 tahun.” Nurseri itu menggunakan mulsa woven gulma berlabel EasyGrow produksi PT Wanghort Pratama Lestari. Sebelum menghamparkan mulsa, anggota staf nurseri membersihkan area dari dedaunan kering dan melapisinya dengan kerikil.

Fungsinya membantu drainase tanaman setelah pemasangan weed mat. Nurseri menggunakan weed mat untuk mengendalikan gulma. Pekerja tidak pernah meletakkan tanaman langsung di atas tanah karena gulma akan tumbuh subur. Graeme Logan mengelola kebun pembibitan sekitar delapan tahun. Sebelumnya, lahan itu lokasi perkebunan pinus dan nanas.

Riset Joe Greet dari School of Ecosystem and Forest Sciences The University of Melbourne, Victoria, menunjukkan, pemasangan weed mat efektif mengurangi pertumbuhan gulma Phalaris arundinaceae. Setelah setahun, gulma tumbuh hanya menutupi 5% area pertanian.

Masyarakat menyebut plastik hitam dan berpori itu mulsa woven atau weedmat. Bahan bakunya plastik polipropilene. Perannya persis mulsa plastik hitam perak untuk mencegah pertumbuhan gulma. Gulma faktor pembatas terhadap pertumbuhan tanaman utama. Kehadirannya mengganggu proses pertumbuhan tanaman karena terjadi perebutan sinar matahari, air, dan nutrisi dari dalam tanah.

Warna hitam

Di permukaan atas mulsa terdapat garis berwarna putih membentuk kotak bujur sangkar. Jarak antargaris 20 cm. Ukuran itu cukup agar tanaman baik sayuran maupun buah-buahan tetap tumbuh leluasa. Jika kita menghamparkan mulsa di atas lahan pertanian sekilas lebih mirip lantai di dalam ruangan. Oleh karena itu, lahan pertanian yang tertutup mulsa tampak lebih rapi. Selain itu pekebun lebih mudah menyusun tanaman.

Warna mulsa woven itu hitam gelap untuk menekan masuknya sinar matahari. Warna hitam dapat menekan sinar matahari dengan cara mengubah cahaya matahari menjadi panas. Akibat terhalangnya sinar matahari itu, pertumbuhan gulma di sekitar tanaman utama pun terhambat. Selain itu mulsa juga menghalau sinar ultraviolet yang berdampak kerusakan sel tanaman.

Muji Lestari, S.E., M.M.. Direktur PT Wanghort Pratama Lestari.

Menurut Direktur PT Wanghort Pratama Lestari, Muji Lestari, S.E., M.M., mulsa woven dan mulsa film sama. Yang membedakan, mulsa berpori-pori sehingga air dan udara dapat keluar masuk dari permukaan tanah. Faedah air dan udara yang keluar masuk dari permukaan tanah menjaga kondisi fisiologis tanah dan pori tanah untuk perkembangan akar tanaman. “Manfaat utama penggunaan weedmat adalah menekan pertumbuhan gulma, sehingga tidak dibutuhkan biaya untuk tenaga babat rumput atau aplikasi herbisida,” kata Muji Lestari.

Menurut dosen Agroekoteknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Dr. Ir. Cecep Hidayat, M.P., ancaman gulma terhadap produksi tanaman bisa mencapai 30%. Itu artinya gulma dapat menimbulkan kerugian yang cukup signifikan. Cecep menuturkan gulma dan tanaman budidaya membutuhkan faktor yang sama untuk pertumbuhannya, yaitu unsur hara. “Bila satu menutupi yang lain, dia menjadi pemenang dalam raihan sinar matahari,” kata Cecep.

Wanghort memproduksi mulsa berukuran 100 m x 4 m. Ukuran lain 4 m x 50 m Menurut Muji petani beragam komoditas seperti cabai, jambu air, jeruk, dan semangka layak menggunakan mulsa. Apalagi mulsa woven mampu bertahan minimal 3 tahun. Artinya bagi petani cabai, misalnya, dapat menggunakan mulsa itu sampai 10 kali periode tanam. Daya tahan 3 tahun itu penggunaan mulsa di luar ruangan.

Sebaliknya, penggunaan di dalam greenhouse akan memperpanjang masa pakai karena terhindar dari paparan sinar matahari dan benda atau zat lainnya secara langsung yang dapat merusak permukaan weedmat. (Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol/Peliput: Sinta Herian Pawestri)

<script async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block; text-align:center;”
data-ad-layout=”in-article”
data-ad-format=”fluid”
data-ad-client=”ca-pub-4696513935049319″
data-ad-slot=”5685217890″></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software