Kover dan Reporter

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/03/2020

Sinta Herian Pawestri (kiri) memegang sertifikat dan Tamara Yunike memegang trofi dari Serikat Perusahaan Pers. Kover Majalah Trubus Mei 2019 meraih penghargaan dari SPS. Tamara dan Sinta resmi menjadi wartawan Majalah Trubus.

Kabar gembira itu datang dari Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, pada peringatan hari pers nasional, 7 Februari 2020. Panitia mengumumkan kover Majalah Trubus edisi Mei 2019 menjadi salah satu pemenang The Best of News, Economy, and Business Magazine Indonesia Print Media Award (IPMA) 2020. Pada edisi itu kover Majalah Trubus menampilkan sosok ikan dewa Tor soro yang saat itu dapat dibudidayakan. Semula masyarakat mengandalkan tangkapan alam untuk memperoleh ikan dewa. Permintaan juga meningkat dengan harga fantastis, Rp800.000—Rp1.000.000 per kg.

Fotografer Trubus Riefza Vebriansyah memotret ikan anggta famili Cyprinidae itu saat meliput di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kemudian perancang grafis Antonius Riyadi mengolahnya menjadi salah satu calon kover. Staf produksi menggelar pemungutan suara untuk memilih calon kover. Hasilnya sebagian besar staf redaksi memilih kover dengan foto ikan dewa close up itu. Gambar sampul itulah yang menjadi pemenang kategori The Best of Special Interest Magazine.

Kabar gembira lain, dua calon reporter kami, Tamara Yunike dan Sinta Herian Pawestri “menanggalkan calon” alias resmi menjadi wartawan Majalah Trubus. Kinerja mereka selama menjalani masa magang terus dievalusi oleh para redaktur kompartemen. Tamara lulusan Departemen Biologi Institut Pertanian Bogor berada di kompartemen Satwa. Peserta pertukaran mahasiswa di Kasetsart University, Bangkok, Thailand, itu lebih banyak meliput satwa dan sayuran. Sementara Sinta yang pernah mengikuti pertukaran mahasiswa di Hokkaido University, Jepang, banyak meliput obat tradisional.

Nama keduanya kini resmi tercantum di masthead Majalah Trubus. Pada edisi Maret 2020, mereka juga membantu liputan topik dan laporan khusus. Topik Majalah Trubus peluang bisnis umbi porang Amorphophallus muelleri yang permintaannya terus melonjak. Umbi tanaman keluarga Araceae itu bahan baku shirataki dan konyaku. Petani memiliki pilihan benih, yakni umbi porang atau bulbil. Majalah Trubus juga mengundang Anda mengikuti pelatihan peluang bisnis porang pada Maret 2020. Silakan hubungi rekan kami Faisal. (***)

Salam

Sardi Duryatmo

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software