Kiat Pas Kebunkan Durian

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/02/2019

Kepala Kompartemen Buah Majalah Trubus, Imam Wiguna.

Seratus lima puluh enam tahun silam, Alfred Russel Wallace menabalkan durian sebagai raja buah. Ahli zoogeografi asal Inggris yang enam tahun meneliti keanekaragaman hayati di Indonesia itu terpesona pada cita rasa buah durian. Sebagian orang menyebut durian sebagai “smell from the hell with taste from the heaven.” Bagi sebagian orang aroma durian Durio zibethinus mengganggu—seperti tersirat pada nama spesies.

Dalam bahasa Latin, kata zibethinus bermakna musang. Ketika terdesak musuh, musang bulan Paguma larvata mengeluarkan aroma tak sedap untuk menyelamatkan diri. Itulah sebabnya Carolus Linnaeus memberi nama spesies zibethinus untuk durian. Namun, cita rasa si raja buah amat menggoda para penggemarnya. Itulah sebabnya mereka berburu durian enak hingga ke sentra.

Tujuh tahun terakhir di tanah air para pekebun mengembangkan durian dan sukses. Kunci penting mereka adalah memilih varietas yang adaptif. Maksudnya meski ditanam di luar habitat, tanaman mampu berbuah dengan cita rasa unggul. Perkembangan terbaru durian itu menjadi topik Majalah Trubus edisi Februari 2019. Untuk menggali informasi terpercaya, dua wartawan Majalah Trubus, Imam Wiguna dan Muhamad Fajar Ramadhan, mengunjungi kebun-kebun durian di berbagai daerah.

Imam yang menjadi kepala kompartemen Buah menguji rasa durian yang ditanam di luar habitat. Meski tidak ada yang patut diperdebatkan menyangkut selera, seperti makna peribahasa Latin, “De gustibus non est disputandum.” Hasil laporan para wartawan kami persembahkan untuk Anda, para pembaca yang budiman.

Jika Anda tertarik menikmati, keberadaan durian-durian nan legit seperti musang king, ochee, dan durian bawor, berpeluang hingga April 2019. Jadi masih ada kesempatan menikmati si raja buah. Selain durian, berbagai laporan menarik lainnya juga dapat Anda nikmati. Kami juga mengundang Anda untuk mengikuti beragam pelatihan seperti kiat menembus pasar jamur tiram, budidaya vanili yang harganya kini melangit. Selamat menikmati sajian kami. ***

Tags: , , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software