Khasiat Daun Avokad

Filed in dari redaksi by on 06/06/2013 0 Comments

Sebatang pohon avokad di halaman samping kediaman Irdawati Ma’as di Desa Perumahan Bawah, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjungsirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, itu istimewa. Sudah belasan tahun pohon itu terus-menerus menghasilkan buah. Bentuknya bulat dengan warna kulit ketika matang merah tua. Setiap buah berbobot 600—800 g. Malah Irdawati pernah memanen buah berbobot 1,5 kg.

Citarasa daging buah lembut, manis, dan pulen sehingga alpukat itu menjadi rebutan pedagang. Konsumen sulit menemukan di pasar lokal karena penjualannya kebanyakan ke Pekanbaru (Riau), Batam (Kepulauan Riau), dan Pangkalpinang (Bangka-Belitung). Citarasa mega gagauan—nama avokad jumbo itu—tercecap pada pertengahan 2003. Hingga kini buah Persea americana itu masih menjadi rebutan. Periset di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) di Solok, Ir Irwan Muas, MP, permintaan pasar buah avokad sesungguhnya luar biasa. Pasokan yang ada sekarang masih kurang.

Kita bisa menengok sebuah kelompok tani di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Mereka mengembangkan penanaman tiga avokad lokal setempat untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Jumlah tanaman mencapai ribuan hasil perbanyakan secara sambung pucuk. Namun, menurut pengamatan Panca Jarot Santoso SP MS, periset Balitbu yang berkunjung ke sana, baru 300-an pohon yang berproduksi.

Pembaca budiman, avokad memang lebih banyak dikenal masyarakat karena buahnya yang lezat untuk dibuat jus atau salad. Namun, tanaman anggota famili Lauraceae itu menyimpan potensi lain. Riset di berbagai lembaga menunjukkan daun avokad andal untuk mengatasi masalah berkaitan dengan ginjal. Penelusuran ke berbagai daerah tentang khasiat itu menjadi sajian utama pada edisi ini. Itu didampingi dengan tulisan perjalanan wartawan Anda, Imam Wiguna, menelusuri sentra buah dan tanaman hias di Jepang atas undangan Garuda Indonesia.

Berbicara tentang sentra buah dan tanaman hias, kami juga mengajak pembaca untuk turut serta dalam acara Exotic Taiwan Agro Tour yang diselenggarakan pada 16—22 Juni 2013. Bagi Anda yang berminat silakan penghubungi Suci atau Anne di telepon 021-872 9060, 8770 1748, HP 0813 1603 4009, email: pelatihan@trubus-online.co.id, blackberry: pelatihan Trubus PIN 28B9ADA4.

Salam,

Evy Syariefa

 

 

Powered by WishList Member - Membership Software