Kembali Bersinar

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 02/06/2021

Jadwal orientasi kursus organik bersamaan dengan tenggat Majalah Trubus, 20 Mei 2021. Tim redaksi tengah mengerjakan edisi Juni 2021. Namun, wartawan Sinta Herian Pawestri tetap mengikuti kursus yang dieselenggarakan oleh The International Federation of Organic Agriculture Movements (IFOAM) Asia. Sinta akan mengikuti kursus organik selama sepekan, hingga 26 Juni 2021. Total peserta 35 orang berasal dari berbagai negara seperti Nepal, Taiwan, Bhutan, Kirgizstan, Mongolia, Japan, Bangladesh, Kamboja, Kazakhstan, dan Srilanka.

“Saya tergabung di grup 2 bernama Oryza. Setiap anggota menceritakan pionir organik di negaranya,” kata Sinta di sela-sela mengikuti kursus itu. Redaksi Trubus mengirimkan Sinta mengikuti kursus itu unttuk menambah wawasan, pengetahuan, sekaligus jejaring internasional. Alumnus Institut Pertanian Bogor itu kerap meliput perkembangan pertanian organik di tanah air.

Selain itu pada prinsipnya mengelola media massa adalah mengelola sumber daya manusia. Makin kreatif para wartawan, kemungkinan media bertahan pun kian besar. Sinta yang pernah mengikuti pertukaran mahasiswa di Hokkaido University, Jepang, itu tetap harus menyelesaikan tulisan-tulisannya seperti jenis aglaonema yang banyak diburu pehobi serta tata niaga bisnis aglaonema.

Redaksi menetapkan tanaman hias anggota famili Araceae itu menjadi topik utama Trubus edisi Juni 2021. Permintaan aglaonema-aglaonema jenis lama seperti tiara, tamara, dan juwita melonjak signifikan. Banyak petani yang kewalahan melayani permintaan. Sudah begitu harga jual aglaonema pun melonjak signifikan. Singkat kata, seperti namanya—dalam bahasa Yunani kata aglaos bermakna bersinar—tanaman hias kerabat talas itu tengah bersinar.

Terdapat 10 angle tulisan dengan total 24 halaman tersaji di Majalah Trubus edisi Juni 2021. Redaksi berupaya mengulas aglaonema lawas agar para pembaca memperoleh informasi yang lengkap, mendalam, dan utuh. Selain itu panitia ulang tahun ke-54 Bina Swadaya—yayasan yang menaungi Majalah Trubus—juga menyelenggarakan gelar wicara atau talk show aglaonema pada 27 Mei 2021. Kegiatan itu gratis dan terbuka untuk umum. Selamat menikmati sajian kami.***

Salam

 

Sardi Duryatmo

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software