Kayu Songga Panasea

Filed in dari redaksi by on 30/05/2013 0 Comments

Berjalan kaki selama 2 jam dengan dari titik terluar Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, menuju perbukitan itu akhirnya berujung di hadapan sebuah pohon berdiamater batang 15 cm setinggi 2,5 m. Itulah pohon kayu songga terbesar yang wartawan Trubus, Dian Adijaya Susanto dan Pressi Hapsari Fadlillah, temukan dalam eksplorasi selama seminggu di NTB. Untuk menemukan kayu songga berukuran lebih besar, wartawan Anda harus berjalan kaki lagi selama 2 hari menuju Kabupaten Dompu.
Riset Ogi Setiawan SHut MSc, peneliti muda di Balai Penelitian Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu di Mataram, NTB, menyebutkan diameter Strychnos lucida itu di alam kini rata-rata 10—26 cm dengan tinggi 3—7 m. Di Taman Nasional Bali Barat, Bali, yang masih terjaga alamnya ukuran kayu ular—nama lainnya—bisa dua kali lipat. Kini kian sulit mendapat tanaman anggota keluarga Loganiaceae itu dalam ukuran besar. Harap mafhum secara turun-temurun masyarakat setempat memanfaatkan kayunya sebagai obat pereda panas, tifus, hingga malaria.
Anggota staf Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB, Muhammad Ilham bercerita suatu hari ia terkena malaria. Seorang kawan menyarankan meminum air rebusan kayu songga. Dalam dua hari Ilham merasa kondisi tubuh membaik, demam tinggi pun turun. Songga boleh dibilang kina-nya sana. Kayu songga di alam pun menjadi buruan karena hingga kini tidak ada yang membudidayakan. Padahal pertumbuhan bidara laut itu relatif lama.  Bukti empiris itu sejalan dengan riset ilmiah oleh Dr Aty Widyawaruyanti Apt MSi dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Ia meriset khasiat kayu songga menghambat perkembangan bakteri Plasmodium berghei penyebab malaria. Penelusuran langsung ke NTB dan daerah lain menunjukkan kayu songga juga andal mengatasi diabetes mellitus, tifus, kista, gangguan saraf tepi, dan kanker payudara.
Pembaca terhormat, hasil penelusuran mengenai khasit kayu songga kami sajikan sebagai topik utama edisi ini. Bersama dengan itu kami juga menyajikan informasi tentang bukti ilmiah khasiat susu kuda liar asal Bima yang sohor itu. Bagi Anda yang tengah mencari peluang bisnis, tulisan tentang tantangan mengebunkan kayu afrika atau jambu biji kristal bisa menjadi pilihan. Ada juga tulisan tentang buah hutan Bangka Belitung yang lezat serta kegiatan bersepeda hingga Negeri Sakura yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Selamat membaca!

Salam,

Evy Syariefa

 

Powered by WishList Member - Membership Software