Kawah Candradimuka

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/04/2019

Non scholae, sed vitae discimus. Kita belajar bukan untuk sekolah (mendapat ijazah) melainkan untuk hidup. Terus belajar lebih baik demi kehidupan yang lebih baik pula. Menjadi pewarta di media massa dituntut untuk terus belajar. Itulah sebabnya redaksi Majalah Trubus menyelenggarakan pelatihan internal untuk awak redaksi secara periodik. Pada 26—27 Februari 2019, misalnya, kami menyelenggarakan pelatihan yang melibatkan para wartawan baru sebagai peserta.

Para wartawan baru Majalah Trubus. Dari kiri: Hanna Tripuspa Borneo Hutagaol, Tamara Yunike, dan Sinta Herian Pawestri.

Wartawan baru itu bergabung dengan Majalah Trubus pada awal 2019. Mereka adalah Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol (23), Sinta Herian Pawestri (24), dan Tamara Yunike (23). Ketiga awak baru kami itu memiliki persamaan: ekspresif, kreatif, dan senang bertualang. Mereka bertiga lahir menjelang pergantian abad ke-21. Itulah sebabnya diharapkan mereka juga menjembatani kebutuhan informasi generasi milenial—lahir pada 1980 hingga 2000-an—yang menjadi pembaca Majalah Trubus.

“Pelatihan kita seru,” kata Sinta mengomentari pelatihan selama dua hari. Lulusan Institut Pertanian Bogor itu langsung “tancap gas” meliput kebun-kebun lengkeng yang tengah berbuah di Magelang, Semarang, Kendal—semua di Provinsi Jawa Tengah serta Yoyakarta. Itu pengalaman pertama Sinta mengunjungi kebun dengan deretan pohon lengkeng yang pendek dan berbuah lebat. Ia amat bungah menyaksikan dompolan buah Dimocarpus longan yang ranum menggelayut di ujung cabang.

Tamara juga demikian. Alumnus Departemen Biologi Institut Pertanian Bogor itu banyak meliput komoditas tanaman hias. Hanna tak kalah gesit. Lulusan Budidaya Pertanian Universitas Brawijaya itu banyak meliput obat tradisonal. Di antara tenggat yang ketat para wartawan baru itu kembali mengikuti pelatihan kebahasaan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 13—14 Maret 2019.

Pelatihan-pelatihan itu ibarat kawah Candradimuka yang meningkatkan kepiawaian para awak redaksi. Tujuannya agar kami mampu melayani kebutuhan informasi bidang pertanian kepada para pembaca. Majalah Trubus juga membuka kesempatan bagi para pembaca untuk belajar melebatkan tanaman buah dalam pot (tabulampot). Memiliki tabulampot sarat buah bukan lagi impian semata. Silakan hubungi bagian pelatihan kami untuk bergabung dengan peserta lainnya. ***

Salam,

Sardi Duryatmo

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software