Juri Tercepat

Filed in Majalah, Profil by on 05/12/2016

565_-42-3Hermanus J Haryanto memantapkan diri menjadi juri cupang setelah menjuarai aneka kontes nasional dan internasional pada 2002—2003. Ia bertekad memberikan kontribusi yang lebih besar kepada komunitas cupang. Demi menjadi juri International Betta Congress (IBC), Hermanus mesti memenuhi beberapa syarat seperti memenangi tiga kontes internasional berbeda, mengikuti seminar, dan menjadi juri magang pada tiga kontes internasional berbeda.

Terakhir calon juri wajib mengikuti tes visual dan tertulis. Pada tes visual instruktur menyediakan cupang berbeda varietas. Peserta pelatihan diminta memilih cupang terbaik sesuai standar IBC. Sementara tes tertulis berisi pertanyaan seputar materi penilaian kontes pada buku rujukan. IBC memiliki standar penilaian baku yang berlaku di seluruh dunia. Waktu penyelesaian rentetan kegiatan itu tergantung dari calon juri.

Peraturan terbaru menyebutkan calon juri harus mengikuti tes akhir maksimal tiga tahun setelah menjadi juri magang. Namun pada 2005 itu Hermanus dinobatkan menjadi juri setelah menyelesaikan semua syarat dalam sepekan. “Kawan dari Amerika Serikat mengatakan proses saya menjadi juri tergolong cepat,” kata Hermanus. Kini pehobi cupang sejak 2001 itu menjabat dewan juri area 6 IBC yang meliputi negara-negara di Asia tenggara. Tugas Hermanus antara lain memastikan hobi cupang berkembang di negara-negara anggota. (Riefza Vebriansyah)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software