Jasa Antar Aroid

Filed in Majalah, Topik by on 03/01/2020

Monstera tanaman hias yang naik daun di mancanegara.

 

Bisnis aroid melahirkan profesi baru transhipper yang menjadi jembatan perdagangan dengan importir di mancanegara.

Setahun belakangan aktivitas Ondo Hugo meningkat. Warga Kota Depok, Jawa Barat, itu melayani jasa pengiriman tanaman aroid ke berbagai negara. Dalam jagat bisnis sebutannya transhipper. Trans shipping service atau jasa pengiriman antara merupakan jasa pengiriman antarnegara yang menjembatani antara penjual di satu negara dan pembeli di negara lain dalam distribusi fisik tanaman hias.

Negara-negara yang kerap menjadi tujuan pengiriman Ondo yakni Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan, dan Jepang. Ondo menuturkan, pengiriman tanaman ke luar negeri sejak setahun belakangan sekitar 600-900 tanaman per pengiriman. Dalam satu bulan Ondo setidaknya melayani 50 kali pengiriman. Ia menjalin relasi dengan 10 pelaku tanaman hias seperti monstera dan philodendron yang mempercayakan pengiriman ke mancanegara.

<script async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block; text-align:center;”
data-ad-layout=”in-article”
data-ad-format=”fluid”
data-ad-client=”ca-pub-4696513935049319″
data-ad-slot=”8129520315″></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Kesepakatan

Ondo menuturkan, “Ada pula 10 orang lagi, tetapi mereka tidak rutin melakukan perniagaan ke luar negeri.” Menurut Ondo transhipper menjembatani menjembatani kepentingan penjual di tanah air dan pembeli di luar negeri. Sejatinya Ondo hanya menjual jasa pengiriman tanaman, tetapi jika ada penjual yang mengingkan pengemasan sekaligus ia bisa membantu pengemasan.

“Semua tergantung kesepakatan dengan penjual,” kata Ondo. Setiap negara tujuan pengiriman memiliki kebijakan yang berbeda. Oleh karena itu, pembeli tanaman harus mengetahui seluk-beluk izin impor dari negara tujuan karena membantu proses pengiriman. Pria berkacamata itu menuturkan, pengiriman tanaman lewat tangannya relatif sederhana. Penjual cukup menghubunginya selanjutnya Ondo mengurus berkas dan seluk-beluk pengiriman atau mengemas tanaman terlebih dahulu. Usai pengemasan tanaman lantas dikirim ke negara tujuan.

Menurut Ondo tren aroid bukan hanya melanda Indonesia yang beriklim tropis, tetapi juga masyarakat di negara beriklim subtropis. Variasi aroid yang begitu banyak, antara lain monstera, philodendron, dan anthurium membuat masyarakat Amerika Serikat dan Kanada jatuh hati. Sayangnya, faktor iklim kini menjadi kendala perniagaan aroid sebab memasuki musim dingin pengiriman aroid berkurang.

Pengiriman pada bulan-bulan dingin hanya 30 kali per bulan. Sejatinya permintaan tetap tinggi, tetapi risiko untuk mengirim tanaman pada musim dingin sangat tinggi. Pengusaha tanaman aroid di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Nanang Koswara, rutin menggunakan jasa Ondo untuk mengirim tanaman aroid ke luar negeri. Nanang mengemas sendiri tanaman agar tanaman agar tetap prima. (Andari Titisari & Tamara Yunike)

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software