Jak Aqua Zoo 2009 : Impor dan Lokal Jadi Juara

Filed in Satwa by on 01/12/2009 0 Comments

El Zaburs Souvenir of Ganswed memang istimewa. Kombinasi bulu hitam dan putihnya tebal dan mengembang. Kondisi itu bertolak belakang saat persia berumur 3 tahun itu datang 6 bulan lalu. “Bulunya dipapas sampai botak,” ujar Mohamad Suwed, sang pemilik dari Bogor, Jawa Barat. Toh bulu-bulu El Zaburs cepat kembali normal.

Turun di kelas pedigree male impor Zaburs seolah tanpa pesaing. Ia baru bertemu lawan tangguh, Honeybee Oklahoma, saat tampil di best pedigree impor. Kucing ras maine coon asal Italia itu ukurannya 2 kali lebih besar daripada El Zaburs: panjang tubuh 80 cm dan panjang ekor 50 cm!

Meski bertubuh besar Honeybee memiliki kekurangan di mata juri. “Bentuk kepalanya belum segitiga,” kata drh Permanawati, juri dari Jakarta. Selain itu otot rahang Honeybee belum terlihat kokoh. Lain halnya dengan El Zaburs. “Semua syarat persia seperti telinga kecil, hidung pesek, dan muka bulat ada pada kucing itu,” tambah Permana. Tak hanya itu Zaburs juga kucing aktif. Saat Permana menggoda dengan mainan, El Zaburs cepat sekali merespon.

Kucing steril

Honeybee Oklahoma akhirnya mengantongi piala best semi longhair, El Zaburs sendiri melaju menghadapi kampiun best performance pedigree, Hugo Lazarus, untuk penentuan GC. tak kalah cantik. Tubuhnya berhias bulu tebal kombinasi abu-abu dan putih. Wajar Permana sempat sulit menentukan juara. “Keduanya sama-sama punya standar persia,” katanya.

Persaingan seru pada kontes yang diselenggarakan di Blok MSquare, Jakarta Selatan, 23 Oktober 2009 juga terjadi di kategori neuter alias kucing steril. kategori itu Combro didaulat sebagai kampiun. Uniknya tubuh langsing. Padahal, “Kucing steril umumnya gemuk karena nafsu makannya kuat,” kata Permana. Toh kemenangan bukan melulu karena kelangsingan tubuh, tetapi ia juga memiliki corak bulu menawan: merah kecokelatan.

Berselang seminggu, di tempat yang sama digelar juga fashion show balap makan, dan lari anjing pintar. Pada fashion show, Lazlie yang berkostum batik dari baju sampai sepatu tampil sebagai pemenang. Kostum bertemakan Visit Indonesia 2009 itu sangat serasi dengan Anita, sang pemilik. Anjing trah pomeranian itu serta-merta diganjar juara pertama. Pesaingnya Matthew tampil dengan kostum serupa bertema Heritage. Sayang lantaran langkahnya tidak seirama dengan Yulie, sang pemilik, trah shih tzu itu harus puas sebagai juara kedua.

Acara kian meriah saat digelar adu makan. Di kategori trah kecil, Michelle perlu waktu beberapa detik untuk menghabiskan semangkuk pakan untuk menjadi juara. Klangenan Iswani itu bahkan masih melirik pakan lawan di sampingnya yang belum habis. Miguel, saudara kandung Michelle, didaulat menjadi runner up setelah terpaut waktu 2—3 detik. Di trah sedang Dud sukses melahap setengah pakan trah kecil kurang dari semenit.

Kelincahan para kontestan juga diuji dalam lomba lari. Di trah kecil Lezlie kian cepat berlari seiring tepukan dan sorakan penonton. Begitu pula trah sedang yang dimenangi Dumdum. Dalmation milik Ardian Mandiri itu berlari sangat cepat untuk mengungguli Rolex yang sebelum bertanding sempat menjajal lintasan lomba.

Python

Rangkaian lomba dalam acara Jak Aqua Zoo 2009 juga menampilkan kontes reptil dan balap makan kura-kura pada 5 November 2009. Kontes reptil yang terbagi dalam 5 kategori diikuti 75 python berbagai jenis seperti reticulatus, dipong, dan ball python. “Kemungkinan GCdiraih pemenang open python,” kata Baruno, juri dari Semarang, Jawa Tengah, di sela-sela istirahat.

Prediksi Baruno pas dengan pilihan 2 juri lain: Andri Yanto dari Tangerang, Banten, dan Susetyo Adi dari Malang, Jawa Timur. Ketiga juri itu sepakat menunjuk Fellicia, patola milik Eric sebagai jawara. “Ular ini asli Indonesia dan butuh waktu lama untuk mencapai panjang seperti itu,” kata Andri tentang ular berukuran lebih dari 1 m itu. Nilai lebih lain, corak kuning ular asal Pulau Seram, Maluku, itu terang menyala. “Karakternya juga jinak,” tutur Susetyo.

Lucky, kampiun ball python morph, pesaing yang tampak anggun dengan kulit putih mulus dan mata hitam, mesti mengakui keunggulan Fellicia. Acara tahunan yang diselenggarakan Dinas Kelautan dan Pertanian DKIJakarta itu pun mendaulat Nick milik Yuangga sebagai kampiun adu makan kura-kura. (Lastioro Anmi Tambunan)

Terbaik di Blok M Square

Jawara kucing

 

Kategori

Nama

Pemilik

Pedigree impor

Male

El Zaburs Souvenir of Ganswed*

Mohamad Suwed

Semi longhair

Honeybee Oklahoma

Prija Sambada

Pedigree lokal

Male

Hugo Lazarus

Amelia Saleng

Female

Ganswed Boncu

Mohamad Suwed

Umur 3—6 bulan

Ganswed Asterix

Mohamad Suwed

Umur 6—10 tahun

Hugo Asael

Amelia Saleng

Kitten exotic

Ganswed Dotty

Mohamad Suwed

Semi longhair male

Tirtham D’Zlatan

Patria

Semi longhair female

Tirtham Edelweis of Ganswed

Mohamad Suwed

Semi longhair 6—10 bulan

Alexander Allego

Agus

Semi longhair 3—6 bulan

Dandara F1 Faieth

Prija Sambada

Neuter

Folli Follie

Zen

Nonpedigree

Male

Cambro

Qori

Female

Kitty

Novita

3—6 bulan

Ciko

Sandy S

6—10 bulan

Del Piero

Agam

Best performance pedigree impor

GC El Zaburs Souvenir of Ganswed

Mohamad Suwed

Best performance pedigree lokal

Hugo Lazarus

Amelia Saleng

Best performance nonpedigree

Kitty

Novita

 

* GC

Jawara reptil

 

Ketegori

Nama

Pemilik

Ball python morph

Lucky

Budiman

Lola

Designer Gecko

Hera

Designer Gecko

Open python

Fellicia

Eric

Koki

Gudang Reptile

Aborigin

E Bigman

Open blood python

Oren

Supianto

D’Line

Eric

Marcellina

VC

Open normal retic

Lamor

Gudang Reptile

Putung Jejaka

Rhudeek’s

Hayabysa1300

VC

Open ball python normal

Champion II

Gudang Reptil

Champion I

Gudang Reptil

Elmo

Farrell

Balap makan kura-kura

Nick

Yuangga

Banana

Helena

Coklat

Eric

 

Jawara anjing

 

Kategori

Nama

Trah

Pemilik

Balap lari trah kecil

Lezlie

Pomeranian

Anita

Molly

Miniature schnauzer

Ferdi K

Miguel

Beagle

Iswani

Balap lari trah sedang

Dumdum

Dalmation

Ardian Mandiri

Rollex

Samoyed

Ting-ting

Balap makan trah kecil

Michelle

Beagle

Iswani

Miguel

Beagle

Iswani

Champ

Yorkshire

Steven

Balap makan trah sedang

Dud

Labrador

Edo Dwisandhi

Hiro

Golden retriever

Christine

Chiko

Golden retriever

Erwin

Fashion show

Lezlie

Pomeranian

Anita/Visit Indonesia

Matthew

Shih tzu

Yulie/Indonesia Heritage

Evolette

Golden retriever

Musashi S/Pirates

 

Patola dipelihara Eric sejak umur 1 bulan

 

Powered by WishList Member - Membership Software