Inspirasi Aksara

Filed in Tanaman hias by on 30/11/2011

Tiga puluh rangkaian bunga yang dipajang di pameran untuk memperingati Hari Aksara Internasional 2011 di Jakarta itu mengundang decak kagum para pengunjung. Bukan saja karena penampilannya cantik, tapi juga karena desainnya pas dengan tema: menggunakan pola dasar  menyerupai abjad.

Lihat saja rangkaian bunga karya Nurmi Asra dari Jakarta Selatan. Ia menata bunga mawar putih kuncup, mawar merah yang mekar, dan lili berwarna jingga pada dua vas tabung kaca bening. Sebagai latar digunakan daun Philodendron pertusum. Nurmi menambahkan aksesori berupa kain jaring halus  berwarna merah yang direntangkan sehingga menghubungkan kedua vas. Voala! Hasilnya adalah rangkaian bunga dengan pola dasar menyerupai huruf H.

Pemula

Sementara Ari Dianing Ratri asal Jakarta Timur membuat rangkaian bunga menyerupai huruf R rebah. Huruf R sengaja “direbahkan” karena sulit membentuk juntaian kaki R yang mengarah ke bawah.  “Dalam merangkai bunga mesti memperhatikan arah tumbuh tanaman. Secara alami tidak ada ranting atau bunga yang tumbuh mengarah ke bawah, pasti ke atas karena mengejar sinar matahari,” ujar perangkai bunga di Pulogadung, Jakarta Timur, Hj Nurhefti Dewita Sukma. Untuk menyiasatinya, Ari “merebahkan” huruf R sehingga kakinya mengarah ke atas.

Rangkaian bunga dengan pola dasar huruf S karya Hj Emma dari Jakarta Timur juga tak kalah menawan. Lekukan atas berupa daun palem yang ujungnya dipangkas. Daun palem itu melengkung ke arah kanan. Sementara lengkungan ke bawah menggunakan daun philodendron ‘Xanadu’. Di bagian tengah rangkaian Emma menata krisan ungu dan lili putih.

Seluruh rangkaian bertema aksara itu hasil karya para perangkai bunga pemula. “Mereka baru mengikuti 2-3 kali pertemuan,” ujar Sukma yang memiliki sanggar kursus merangkai bunga. Meski karya pemula keindahan rangkaiannya layaknya kreasi perangkai mahir.

Itu karena mereka menerapkan pola dasar rangkaian berbentuk huruf. “Para pemula biasanya kesulitan dalam menentukan pola dasar rangkaian. Untuk memudahkan memperoleh inspirasi, kita ambil ide rancangan dari bentuk huruf,” kata Sukma yang pernah berdemonstrasi merangkai bunga di ajang Floriade, Belanda, pada 1990-an. Dengan mengambil ide dari huruf perangkai setidaknya dapat menghasilkan 26 variasi rangkaian, sesuai dengan jumlah alfabet.

Rangkaian kreatif

Pola dasar rangkaian berbentuk huruf bisa dipadukan dengan teknik merangkai bunga bergaya khas Eropa. Dalam paduan itu pola dasar huruf dikembangkan menjadi rangkaian berpola dasar geometri seperti lingkaran, oval, segitiga, dan persegi panjang, ciri khas rangkaian ala Benua Biru. Contohnya pola dasar huruf A, menjadi rangkaian berbentuk segitiga sehingga dapat dinikmati dari segala arah.

Menurut Ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi Seni Merangkai Bunga dan Desain Floral, Wendy Mandik, rangkaian bunga dengan pola dasar huruf tergolong rangkaian kreatif. Pembuatannya rumit karena pada beberapa huruf terdapat unsur garis tegak, garis miring, dan lengkung sekaligus, seperti huruf R. “Untuk membuatnya mesti benar-benar menguasai jenis dan karakteristik materi rangkaian seperti karakter bunga,” ujar salah satu Ketua Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) itu.

Yang paling rumit, membuat bagian melengkung. Tidak semua jenis tanaman dapat digunakan untuk pola itu. Bunga mawar, misalnya, secara alami tumbuh tegak sehingga tidak cocok digunakan sebagai pembentuk lengkung.

Untuk pola melengkung pilih tanaman merambat dengan penopang kawat. “Sebaiknya gunakan tanaman rambat berdaun relatif tebal agar tidak mudah layu seperti ivy,” kata Wendy. Sebab, jenis berdaun tipis lebih cepat kehilangan kesegarannya. Padahal, pasokan air dari wadah terbatas. Tanaman berdaun tebal biasanya mengandung kadar air tinggi sehingga segar lebih lama.

Pola dasar huruf juga bisa dikombinasikan dengan ikebana dan gaya Nusantara. Ciri khas gaya Nusantara elemen khas tanahair seperti janur. Padu padan itu berawal dari inspirasi aksara. (Imam Wiguna)

 

  1. Rangkaian bunga dengan pola dasar huruf R rebah karya Ari Dianing Ratri, Jakarta Timur
  2. Rangkaian bunga dengan pola dasar menyerupai huruf H karya Nurmi Asra dari Jakarta Selatan
  3. Rangkaian bunga dengan pola dasar huruf P miring
  4. Rangkaian bunga dengan pola dasar huruf N
  5. Rangkaian bunga dengan pola dasar huruf S karya Hj Emma dari Jakarta Timur
  6. Rangkaian bunga dengan pola dasar huruf E rebah karya Hj Novika Suzanne dari Jakarta Timur

 

 

Powered by WishList Member - Membership Software