Hama Belimbing

Filed in Tak Berkategori by on 02/07/2012 0 Comments

Saya memiliki pohon belimbing di halaman rumah. Namun, buah yang dihasilkan tidak bisa dimakan karena berulat. Sementara kulit buah berbintik hitam seperti dimakan sesuatu.

1. Hama apakah yang menyerang?

2. Bagaimana cara mengatasinya?

 

Soesilawati Hadisoesilo,

Yogyakarta

 

Final Prajnanta

  1. Belimbing Anda terserang lalat buah yang termasuk dalam famili Tephritidae. Bintik-bintik hitam di permukaan buah menandakan bekas tusukan ovipositor alias alat untuk meletakkan telur lalat buah. Telur yang menetas akan menghasilkan larva. Selanjutnya larva akan menyebabkan daging buah menjadi busuk dan berguguran sebelum waktunya.
  2. Untuk mengurangi serangan bisa dilakukan dengan membungkus buah dengan koran sedini mungkin, yaitu saat buah seukuran jempol. Cara lain dengan menyemprotkan Deltametrin 1 ml/l sekali saat pohon mulai berbuah. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat udara masih berembun. Sebab saat itu lalat buah masih belum bergerak aktif. Perangkap lalat buah seperti metil eugenol juga dapat digunakan.  Metil eugenol memerangkap lalat buah jantan sehingga tidak bisa kawin. Dengan begitu populasi lalat buah menurun.***
 

Powered by WishList Member - Membership Software