Gerak Cepat untuk Nila

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/11/2019

Wartawan Trubus, Sinta Herian Pawestri (tengah), mewawancarai Terry Spink, pemilik Marlborough Nursery (kiri) di Redland Bay, Brisbane, Australia.

Gercep alias gerak cepat. Begitulah menjadi wartawan Trubus. Sinta Herian Pawestri meliput di Bogor pada 10 Oktober 2019. Sehari berselang, wartawan Trubus itu berada di Brisbane, Australia. Pada siang hari ia mengunjungi beberapa nurseri seperti Brookfield Garden, Logan’s Nursery, dan Marlborough Nursery. Alumnus Institut Pertanian Bogor itu kemudian menuliskan hasil liputan pada malam harinya. Harap mafhum, waktu liputan bertepatan dengan jadwal tenggat.

Menjelang tengah hari waktu Brisbane— 3 jam lebih awal dibandingkan dengan waktu Jakarta—Sinta masih berdiskusi dengan koordinator liputan untuk menentukan angle tulisan. Sinta yang pernah mengikuti pertukaran mahasiswa di Hokkaido University dan Ateneo de Manila University itu akhirnya merampungkan naskahnya tepat waktu. Redaksi bergerak cepat agar pembaca yang terhormat memperoleh informasi yang aktual dan bernas tanpa mengesampingkan akurasi.

Wartawan lain, Riefza Vebriansyah juga bergerak cepat mengunjungi beberapa peternak nila di berbagai lokasi di Yogyakarta dan eksportir ikan. Saat ini sebagian peternak nila panen besar, produksi berlipat ganda hingga lebih dari 100% setelah mengadopsi inovasi baru berupa kincir air. Lonjakan produksi itu sangat spektakuler. Bayangkan, semula peternak hanya memanen 400 kg di sebuah kolam 250 m2. Setelah mengadopsi inovasi itu panen membubung hingga 1.000 kg di kolam dengan luasan sama.

Peternak lain mampu menghemat pakan hingga 20% setelah memanfaatkan gulma air azola Azolla pinnata. Ada juga yang menerapkan sistem tebar padat. Beragam teknologi ikan nila itu menjadi materi topik Majalah Trubus edisi November 2019. Nila Oreochromis niloticus salah satu komoditas perikanan berprospek bagus. Beragam inovasi nila melambungkan laba para peternak. Mari bergabung dengan peserta lain untuk mendalami beragam inovasi budidaya nila di kelas Trubus.***

Salam,

Sardi Duryatmo

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software