Gaya Kucing Felis Tampil Necis

Filed in Majalah, Satwa by on 19/02/2020

Groomer membuat potongan rambut persia serba bulat agar penilaian optimal.

 

Potongan rambut kucing untuk perawatan, gaya, dan kontes.

Kucing berambut jingga itu tampak garang. Seperti bersurai karena berbulu panjang pada bagian tenguk, dan berbulu pendek pada bagian badan. Rambut panjang lainnya pada kaki-kaki dan ujung ekor. Ia mirip sosok singa jantan mini. Ternyata sosok itu kucing betina ras persia. Sang pemilik di Kota Bekasi, Jawa Barat, Yudhi Setyanto memutuskan memangkas rambut kucing kesayangannya dengan pola potong mirip singa atau lion cut agar mempermudah perawatan.

Kucing persia dengan potongan ala singa atau lion cut.

Yudhi meminta groomer di Bekasi, Rei Pamungkas memangkas rambut klangenannya dengan potongan singa karena kucing betina berumur 1 tahun 7 bulan itu tengah hamil. Menurut Rei potongan rambut ekstrem itu untuk memudahkan perawatan saat mengecek kondisi ke dokter hewan. “Memudahkan untuk melakukan ultrasonografi (USG), melahirkan, hingga pascamelahirkan seperti menyusui anakan,” kata Rei

Pangkas

Menurut Rei memotong rambut ala singa juga mempermudah dalam mengatasi serangan cendawan. Bagian tubuh yang terkena cendawan lebih terlihat karena tidak tertutup rambut. Selain itu gaya ala singa memudahkan mengoleskan salep untuk mengatasi penyakit itu. Artinya memangkas rambut dengan potongan ekstrem bukan sekadar gaya. Namun, lebih mempertimbangkan aspek perawatan.

Rei menuturkan, tidak mudah memangkas rambut kucing. Berbeda dengan memangkas rambut manusia, “Kucing tidak bisa diatur agar anteng lama,” katanya. Oleh karena itu, harus cepat, tepat, dan hati-hati. Apalagi bagian perut harus lebih berhati-hati, karena bisa melukai puting. Harap mafhum, kebanyakan pehobi kucing memangkas rambut ala singa ketika klangenan bunting. Saat itu puting satwa anggota keluarga Felidae itu membengkak.

Menurut Rei kebanyakan pehobi di Indonesia memangkas rambut kucing lebih pada fungsi dibandingkan dengan gaya. Di mancanegara pola potongan rambut ekstrem kucing bervariasi. Sekadar menyebut beberapa contoh ada yang mirip singa, pola dinosaurus, atau zigzag. Namun, pola pangkas ala singa atau lion cut lebih populer di tanah air. Gaya itu lebih praktis dan lebih banyak faedahnya, terutama untuk persia dan maine coon yang berbulu panjang.

Rambut pada telapak kaki harus diperhatikan agar tidak menggangu aktivitas kucing.

Keruan saja pemangkas harus belajar terlebih dahulu. Sebab harus cepat, tepat, dan hati-hati. Tantangannya kucing tidak bisa diam atau stres karena mendengar suara bising alat pencukur rambut. “Minimal harus belajar pada groomer lain,” katanya. Rei pun belajar memotong rambut kucing dari groomer lain yang lebih berpengalaman.

Kontes

Pehobi sekaligus juri fun catshow, Aep Saepudiah.

Menurut pehobi kucing di Bandung, Jawa Barat, Aep Saepudiah, potongan rambut singa lazim untuk kucing ras berbulu panjang seperti persia, maine coon, dan ragdoll. Aep mengatakan, pemilik kucing berbulu panjang wajib menyisir rambut klangenan setiap hari agar tidak rontok atau selalu tampil prima. Dengan potongan ala singa pemilik kucing tidak perlu menyisir setiap hari. “Di catery saya pun ada dua ekor dengan potongan lion cut,” kata Aep.

Namun, menurut pemilik Miowcoon Cattery itu kucing dengan potongan ekstrem seperti lion cut tidak disarankan mengikuti kontes. “Tentu hasil penilaian tidak akan optimal,” kata pria yang kerap menjadi juri fun national cat show itu. Adakah aturan potongan rambut kucing untuk kontes? Menurut Aep tidak ada aturan baku harus memotong rambut ketika kontes. Namun, mempersiapkan kucing optimal agar rapi dan enak dipandang bisa menjadi poin plus.

Istilah merapikan rambut untuk kontes disebut trimming. Artinya memotong rambut yang terlalu panjang, dan gimbal agar kucing lebih enak dipandang. Aep menambahkan, pola memotong rambut menyesuaikan dengan kriteria penilaian setiap ras. Misal ras persia dipola potongan membulat agar poin optimal. “Kriteria persia segala bulat, biasanya groomer membuat pola surai persia bulat agar penampilan maksimal,” katanya.

Menurut Aep bagian rambut lain yang perlu rutin di pangkas adalah rambut yang tumbuh di telapak kaki kucing. Pada kucing ras berbulu panjang bisa tumbuh hingga menutupi telapak kaki. Jika rambut terlalu panjang kerap menyebabkan kucing terpeleset karena licin. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software