Exotic Taiwan Agro Tour: Pesona Hortikultura Formosa

Filed in Tanaman hias by on 03/08/2013

Di Taiwan, pemilik nurseri tanaman hias menjual pachira yang tumbuh dalam wadah batu.

Mata Soeharmini Soeharsono mengawasi sosok pachira itu. Tinggi tanaman hias berumur 3 bulan itu cuma sejengkal. Padahal, di tanahair lazimnya tanaman hias anggota famili Malvaceae itu dijajakan dengan sosok menjulang setinggi 70—120 cm. Yang membuat peserta tur Tubus ke Taiwan itu tercengang adalah tempat tumbuh pachira, di atas batu. “Unik ya,” ujar Soeharmini Soeharsono. Lazimnya pekebun menanam pachira dalam pot.

Kaktus Mammilillaria berduri ungu memikat rombongan tur

Kaktus Mammilillaria berduri ungu memikat rombongan tur

Di atas pot batu tumbuh dua batang pachira yang saling berpelukan, lalu tajuknya tumbuh saling menjauh sehingga sepintas masing-masing seperti membentuk spiral. Menurut penangkar tanaman hias di Bogor, Jawa Barat, Ulih Sunardi, menumbuhkan pachira dalam batu mudah.

Ia menduga pekebun di Taiwan langsung meletakkan bibit pachira di dalam rongga batu seukuran kepalan tangan yang berisi media tanam berupa serbuk sabut kelapa. Di batu itu memang terdapat celah lubang berdiameter 5 cm, sedangkan kedalaman “lubang tanam” 7 cm. Menurut
ahli Fisiologi Tumbuhan dari Jurusan Biologi Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Ir Retno Mastuti MAg Sc DAg Sc, terbatasnya media tanam menyebabkan pertumbuhan tanaman melambat. Akibatnya sosok pachira di batu itu pun cenderung kerdil.

Gudang bunga

Eksportir tanaman hias di Jakarta, Adi Johan, menduga pekebun di Taiwan menanam biji pachira di batu lalu menumbuhkan dalam keadaan terbalik. Akibatnya batang pachira tumbuh bengkok. Cara lain batang pachira dililitkan pada pipa polivinil klorida (PVC) sehingga membentuk spiral. Sebelum perlakuan itu, pekebun melayukan pachira selama 3 hari dengan cara meletakkan pachira di dalam ruangan tanpa pengairan. Tujuannya agar batang pachira melunak karena layu sehingga tidak patah saat dibentuk.

Pachira itu produk dari Nurseri Taimey di Tienwei, Taiwan. Nurseri tanaman hias itu memang khusus menjual tanaman hias mini. Kota Tienwei terkenal sebagai pusat grosir tanaman hias di Taiwan. Masyarakat lokal menyebut kota itu gudang bunga di Taiwan. Sejatinya tidak hanya bunga yang menjadi komoditas utama. Di sana terdapat 250 toko yang menjual aneka tanaman hias. Hampir semua keluarga di daerah seluas 24 km2
itu berbisnis tanaman hias. Pada hari kerja suasana Tienwei sepi, sedangkan pada akhir pekan daerah itu banyak pengunjung. Tienwei dapat ditempuh 2,5 jam bermobil dari ibukota Taipeh.

Pachira berwadah batu terlihat eksotis

Pachira berwadah batu terlihat eksotis

Berjarak 500 m dari Nurseri Taimei terdapat nurseri kaktus. Di sana menghampar berbagai jenis kaktus beragam warna dan ukuran. “Sepertinya kaktus ini tergolong baru,” ucap Tatag Hadi, peserta tur sambil menunjuk Mammillaria berduri keunguan.Lazimnya di tanahair tanaman gurun itu berduri putih. Tujuan berikutnya rombongan mengunjungi nurseri anggrek di Desa Fu King, Chu Chi, Chia Yi. Di daerah itu banyak rumah tanam berbagai macam anggrek. Pemilik rumah tanam itu perusahaan berbeda. Setiap perusahaan rata-rata  memiliki 2 ha rumah tanam.

Salah satu perusahaan anggrek itu Oriental Orchids. Di sana terdapat 100—200 jenis anggrek. Perusahaan itu memiliki 2 ha lahan berisi 600.000 tanaman. “Fokus perusahaan kami memproduksi anggrek remaja,” ucap Rita Lin, pengelola Oriental Orchids. Artinya mereka mengirim anggrek yang siap berbunga di negara tujuan. Mereka memperkerjakan 33 orang untuk merawat anggrek itu. Produk perusahaan itu 90% untuk ekspor. Negara tujuan ekspor meliputi Amerika Serikat, Jepang, Belanda, dan Korea Selatan.

Fang Mei orchid beda lagi. Perusahaan itu memproduksi phalaenopsis berbunga. Salah satu andalannya phalaenopsis mini berbunga lebat. Di daerah Pingtung peserta tur mengunjungi sebuah kebun raya seluas 10 hektar milik pribadi. Nama tempat itu Dr Cecilia Koo Botanic Conservation Center (KBCC). KBCC memiliki 15 rumah tanam dengan luas rata-rata 80 m2. Setiap rumah tanam berisi jenis tanaman berbeda.

Pengelola KBCC mengisi rumah tanaman dengan satu jenis sama. Sebut saja paku-pakuan, anggrek, dan palem. Konstruksi rumah tanam disesuaikan dengan jenis tanaman. Misal untuk pakupakuan rumah tanam beratap papan plastik transparan. Sementara untuk palem diberi
jaring penaung di atasnya. Itu bertujuan mengurangi penguapan. Di tempat itu juga terdapat akurium yang berisi beragam koleksi begonia spesies. Penanaman di akuarium untuk menjaga kelembapan 90%.

Para peserta Exotic Taiwan Agro Tour 2013

Para peserta Exotic Taiwan Agro Tour 2013

Euphorbia unik

Di Kaohsiung, Trubus bertemu dengan penangkar euphorbia kawakan. Di atap rumah sang penangkar, Kang Cheng Zao, menghampar berbagai jenis euphorbia. Menurut penangkar tanaman hias di Taiwan, Jung Sheng Lin, tren euphorbia di Taiwan yaitu batang tanpa duri, bunga kecil dan
banyak. Yang paling menarik euphorbia yang tepi daunnya bergerigi dan berwarna hijau. Tulang daun tegas dan berwarna merah muda. Meskipun memiliki sedikit bunga, Euphorbia francoisii var crassicaulis itu pun terlihat indah.

Nun di Taipeh, terdapat Flora Market yang juga menjual berbagai tanaman hias. Pasar itu buka pada Minggu saja. Di sana ditemui mawar berbunga biru dengan perlakuan dan pachira mini.

Selain berkunjung ke nurseri tanaman hias, rombongan juga mengunjungi sentra buah. Sebut saja Pineapple Hill, di Chiayi. Menuju tempat itu kebun nanas menghampar luas di kanan kiri jalan. Kabupaten Chiayi memang salah satu sentra nanas di negeri Formosa. Pineapple Hill terkenal karena olahan nanasnya. Bentuknya persegi panjang berisi selai nanas di dalamnya. Mirip nastar di Indonesia, hanya beda bentuk. Selai nanas itu berasal dari buah nanas segar dari kebun 10 hektar milik sendiri. Jenis nanas yang digunakan yaitu nanas lokal dan intan 17. Sebab, “Kedua nanas itu bercitarasa manis dan beraroma harum,” ucap Zhang Shi Liang, pengelola Pineapple Hill. Liang memperoleh 60 kue nanas dari 11 kg nanas kering. (Riefza Vebriansyah/ Peliput: Rosy Nur Apriyanti dan Syah Angkasa)

 

Powered by WishList Member - Membership Software