Era Monstera

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/01/2020

Sebagian panitia pameran nasional untuk memperingati ulang tahun ke-50 Majalah Trubus.

“Tahun depan kita buat pameran yang lebih bagus,” kata pebisnis tanaman hias di Kota Depok, Jawa Barat, Chandra Gunawan setelah Majalah Trubus menyeleggarakan ekshibisi untuk memperingati ulang tahun ke-50. Selama tiga hari Majalah Trubus mengadakan pameran pertanian dengan beragam acara yang menarik seperti kontes tanaman hias, adu elok ikan hias, lelang tanaman, dan gelar wicara atau talk show kesehatan.

Selain itu panitia juga mengadakan forum bisnis untuk mengungkap peluang bisnis beragam komoditas seperti hortikultura dan perkebunan. Perhelatan untuk menandai setengah abad Majalah Trubus itu berlangsung meriah. Menurut panitia selama pameran tiga hari hingga 1 Desember 2019 mencatat 15.000 orang mengunjungi ekshibisi. Selama pameran berlangsung terjadi transaksi Rp20 miliar.

Setelah pameran berakhir pendiri Majalah Trubus, Drs. Bambang Ismawan, M.S. mengatakan, “Saya ingin dikenang sebagai sahabat yang baik, menghasilkan kegembiraan dan komitmen, bukan sebagai pendiri Trubus. Saya menemukan positioning Trubus mendapat dukungan banyak sahabat.” Suksesnya penyelenggaraan pameran itu antara lain berkat dukungan komunitas tanaman hias, perangkai bunga, komunitas satwa, dan para nasumber.

Tanpa mereka perhelatan itu tidak akan pernah terselenggara. Demikian juga dengan penerbitan Majalah Trubus yang tetap eksis hingga saat ini berkat dukungan para pembaca dan pemasang iklan. Oleh karena itu, Majalah Trubus berupaya memberikan yang terbaik pula untuk mereka. Pada edisi Januari 2020, misalnya, redaksi menyajikan topik peluang bisnis monstera yang kini tengah naik daun.

Nama genus monstera—terdiri atas 50 spesies—mengacu pada pertumbuhan beberapa spesies yang gigantik, meraksasa, hingga ketinggian 20 meter. Permintaan tanaman hias daun itu terus menanjak. Beberapa pelaku juga mengekspor tanaman anggota famili Araceae itu ke Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Hebatnya dampak bisnis monstera juga menghela bisnis tanaman hias daun lain yang sekerabat seperti philodendron dan anthurium. Bisnis monstera bagai lokomotif yang menarik gerbong-gerbong tanaman aroid lain. ***

Salam,

Sardi Duryatmo

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software