Empat Peranti Modern

Filed in Majalah, Sayuran by on 12/02/2020

Habibi Dosing Pump merupakan alat pengatur irigasi maupun pupuk cair presisi.

PT Habibi Digital Nusantara memproduksi empat perangkat untuk menunjang budidaya hortikultura. Keempat peranti itu adalah sensor tanah (membaca tingkat kemasaman, nutrisi makro, dan kelembapan tanah), sensor lingkungan (medeteksi unsur-unsur cuaca mikro seperti curah hujan, kelembapan udara, kekuatan dan arah angin, dan suhu udara), distribusi air dan pupuk berupa saluran pipa yang dihubungkan dengan sprinkler atau penetes, dan sistem pendingin untuk rumah kaca berupa alat pembuat kabut.

Sensor lingkungan juga berfungsi sebagai pencegahan dari hama dan penyakit. Ketika suatu kondisi lingkungan optimal untuk suatu hama dan penyakit tumbuh, petani diberikan peringatan awal melewati aplikasi. “Tak hanya untuk pertanian lapangan terbuka, tetapi sistem Habibi Garden juga bisa digunakan untuk budidaya dalam ruangan seperti rumah kaca,” kata Irsan Rajamin, penemu dan pejabat tertinggi eksklusif Habibi Garden.

<script async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block; text-align:center;”
data-ad-layout=”in-article”
data-ad-format=”fluid”
data-ad-client=”ca-pub-4696513935049319″
data-ad-slot=”8129520315″></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Habibi Garden hadir di Indonesia sejak 2016. Setiap hektare lahan terbuka akan memerlukan satu paket sistem Habibi Garden yang terdiri dari 2—4 unit sensor tanah, satu sistem irigasi yang disesuaikan dengan kondisi lahan, dan satu sensor lingkungan. Tak lupa perangkat-perangkat itu akan dihubungkan ke internet menggunakan alat penguat sinyal. Alat-alat Habibi Garden akan mengirimkan data-data kondisi lahan tiap 5—10 menit sekali ke server Habibi Garden.

Petani yang menggunakan peranti itu dapat mengaksesnya melalui gawai. Petani di daerah yang sulit menerima sinyal tak perlu khawatir lagi kehilangan koneksi internet. Habibi Garden bekerja sama dengan perusahaan operator telekomunikasi, Telkomsel, untuk menyediakan jaringan yang baik. Biaya investasi untuk menikmati bertani ala Habibi Garden Rp30 juta—Rp60 juta. Masa guna sistem Habibi Garden 3—5 tahun.

Tak hanya untuk petani komoditas hortikultura di lahan atau rumah kaca, perangkat Habibi Garden juga bisa digunakan oleh para pegiat pertanian urban, tabulampot, maupun pehobi tanaman hias. Menurut Irsan konsepnya sama saja hanya memperkecil skala luasan sensor. (Tamara Yunike)

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software