Diet Atasi Autoimun

Filed in Majalah, Obat tradisional by on 16/11/2019

Paduan herba untuk atasi autoimun: rimpang jahe, kunyit, jeruk nipis, dan kayumanis.

 

Disiplin konsumsi sayuran organik mentah dan rebusan rimpang kunyit membantu mengatasi penyakit autoimun.

dr. Prapti Utami, M.Si. Praktisi herbal medik.

Kasih anak sepanjang jalan, kasih ibu sepanjang masa. Lihat saja perjuangan Joyce Heryanto yang mengupayakan kesembuhan putrinya, Janice Suhardja. Ia mendatangi tak tanggung-tanggung, 26 dokter! Joyce berkonsultasi dengan dokter sebanyak itu untuk meyakinkan apa yang sedang terjadi pada anaknya. Sebanyak 25 dokter mendiagnosis Janice memiliki alergi kulit.

Di wajah anaknya memang terdapat ruam-ruam kemerahan. Selain itu ruam juga terdapat di bagian lutut dan sikunya. Fisik Janice pun sempat menurun. Bobot tubuhnya terus berkurang sampai 26 kg pada usia 11 tahun.  Joyce melihat ruam di wajah Janice berbeda dengan alergi. Itulah sebabnya ia mendatangi dokter ke-26. Dokter di Singapura itu mendiagnosis Janice positif mengidap autoimun.

Menyerang balik

Menurut dokter di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, dr. Dana Nur Prihadi, Sp.A (K), autoimun adalah suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan dan penyimpangan fungsi sehingga keliru menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Mestinya sel kekebalan tubuh itu menyerang musuh. Namun, sel kekebalan itu justru menyerang tubuh sendiri sehingga seperti senjata makan tuan.

Menurut dr. Dana penyebab autoimun belum dapat diketahui secara pasti. Kombinasi antara genetik dan faktor lingungan dapat meningkatkan risiko timbulnya autoimun. Faktor genetik berupa keturunan. Artinya jika orang tua mengidap autoimun, maka anaknya berpotensi mengidap kondisi serupa.

Menu ramah autoimun olahan Healthy Kitchen Ministry.

Adapun faktor lingkungan yang dimaksudkan adalah stres dan paparan sinar ultraviolet. Gejala dan respons setiap tubuh terhadap autoimun juga berbeda-beda. Bahkan, dalam satu orang dapat terjadi multiautoimun, yaitu terjadi beberapa jenis reaksi autoimun dalam satu tubuh.

Pada kegiatan Herbal Medicine Class for Family: Mengenali Tanda dan Gejala Autoimun pada Anak, dr. Prapti Utami, M.Si menyampaikan aneka resep bantuan pertama untuk keluarga dan penyintas autoimun dengan saksama. Banyak keluarga yang menganggap sepele ketika anaknya demam, batuk, dan flu. Padahal, penyakit-penyakit itu dapat menjadi pencetus autoimun pada kemudian hari.

Makan mentah

Setelah mendapat informasi dari berbagai buku mengenai autoimun, Joyce mengubah pola konsumsi untuk anaknya. Itu karena pengobatan secara medis selama 6 bulan belum ada perubahan. Dokter sempat menawarkan obat lain melalui infus. Harganya yang fantastis mencapai Rp30 juta untuk sekali infus membuat Joyce harus mempertimbangkan kemampuannya.

Pendiri Komunitas Autoimun dan Saya, Joyce Heryanto.

Joyce tak putus asa. Seraya terus belajar mengenai autoimun, ibu 2 anak itu menerapkan pola hidup sehat. Ia memberikan makanan organik mentah atau raw food. Selain itu, perempuan 47 tahun itu memanafaatkan beragam sayuran seperti caisim, buncis, dan bayam sebagai makanan sehari-hari. Ia menambahkan garam laut untuk meningkatkan cita rasa sayuran.

Selain itu Joyce juga mengolah beragam sayuran mentah seperti daun kale, pakcoi, bayam, daun daun ketumbar menjadi jus. Janice mengonsumsi segelas jus sayuran pada pagi dan sore hari. Di samping itu pada sore hari Janice mengonsumsi rebusan rimpang kunyit. Manfaatnya untuk meminimalisir inflamasi, karena peradangan dapat menjadi pencetus reaksi autoimun.

Kunyit Curcuma domestica mengandung senyawa kurkumin yang berfaedah membangun sistem kekebalan tubuh. Joyce mengatakan bahwa diet yang dilakukan oleh Janice belum tentu bisa langsung diaplikasikan ke orang lain. “Tidak ada diet yang cocok untuk semua orang,” kata Joyce. Pola konsumsi merupakan prinsip yang sangat penting untuk “mendengarkan” tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya terus mencari tahu pola hidup sehat yang tepat bagi masing-masing.

Joyce menyebut pola konsumsi itu eating clean. Perubahan konsumsi makanan itu berhasil membawa Janice menjadi lebih sehat, tanpa obat. Sejak didiagnosis kali pertama hingga kini Janice beraktivitas seperti sedia kala berkat hidup sehat. (Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol)

Resep Pertolongan Pertama
dr. Prapti Utami, M.Si

  1. Diare
    a. Parut 2 jari rimpang kunyit atau 1 butir biang kunyit kemudian seduh dengan 50 cc air panas.
    b. Tambahkan garam seujung sendok teh.
    c. Minum setiap 4 jam.
  2. Demam
    a. Tumbuk dan peras 3 pucuk daun jambu biji.
    b. Tambahkan garam seujung sendok teh.
    c. Minum setiap 4 jam.
  3. Trauma tumpul, luka ringan, dan gigitan serangga
    a. Ambil daun binahong secukupnya dan cuci bersih.
    b. Tumbuk halus.
    c. Oleskan pada luka atau bagian yang trauma.
  4. Luka bakar ringan
    a. Ambil jel lidah buaya secukupnya.
    b. Oleskan di bagian luka.
  5. Flu dan batuk
    a. Memarkan rimpang kunyit sebanyak 2 jari.
    b. Memarkan rimpang jahe sebanyak 1 jari.
    c. Masukkan kedua jenis rimpang itu dalam 2 gelas air mendidih diamkan selama 10 menit.
    d. Tambahkan perasan lemon dan madu secukupnya.
  6. Infeksi kulit
    a. Cuci bersih daun mimba secukupnya, kemudian tumbuk halus dan oleskan di bagian kulit yang terinfeksi.
    b. Atau rebus air hingga mendidih, masukkan segenggam daun mimba yang telah diremas.
    c. Kecilkan api, tunggu selama 10 menit.
    d. Gunakan air rebusan untuk merendam atau mengompres bagian kulit yang terinfeksi.

Tags: , , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software