Ceremende Santapan Ayam

Filed in Majalah, Satwa by on 17/12/2019

Ayam pedaging yang mengonsumsi pakan ceremende berkadar lemak lebih rendah.

 

Pakan ayam berupa tepung ceremende yang kaya protein. Cocok sebagai pengganti tepung ikan.

Ceremende mengandung protein hingga 64%.

Muhammad Sulthoni Ashari masygul menyaksikan fenomena harga ayam broiler kerap turun. Sementara harga pakan ayam meningkat. Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya itu bersimpati kepada para peternak ayam yang masih bertahan dengan usahanya. “Padahal biaya pakan mencapai 70% dari biaya produksi. Harga pakan naik, tetapi saya melihat pada pertengahan 2018 harga ayam turun,” ujarnya.

Ia menemukan serangga di balik tumpukan kotoran ayam yang mengering. Masyarakat Malang menyebut serangga itu ceremende. Sekilas bentuknya mirip kecoak. Namun, keduanya berbeda. Ceremende bermarga Blaptica. Nama ilmiahnya Blaptica dubia. Adapun kecoak bermarga Blatella. Ceremende mengandung protein yang lebih tinggi daripada tepung ikan. Pada akhir 2018, ia bersama rekannya membuat formula pakan berbahan ceremende.

Hemat Rp1,8 juta

Sulthoni dan rekan, Ajid Alfaruki, Elvi Indah Saputri, Saadatin Nurul Jannah membuat tepung ceremende sebagai pengganti tepung ikan. Mereka memisahkan serangga itu dari kotoran. Kemudian menjemurnya di bawah sinar matahari pada pukul 07.00—12.00. Sulthon mengeringkan serangga itu pada suhu 75ºCelcius. Proses pengeringan satu jam hingga ceremende kering.

Pakan ayam buatan Muhammad Sulthoni Ashari dan rekan mengandung 10% tepung ceremende.

“Kalau saat pengeringan sinar matahari sudah terik, proses pengovenan bisa lebih cepat,” ujarnya. Mereka siap menggiling ceremende kering hingga halus menjadi tepung. Sulthon menggunakan tepung itu sebagai pakan ayam pengganti tepung ikan. Mereka berharap para peternak ayam lebih untung setelah mengganti tepung ikan dengan tepung ceremende. Harga tepung ikan berkadar protein 60% Rp8.000—Rp10.000 per kg.

<script async src=”https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block”
data-ad-format=”fluid”
data-ad-layout-key=”-er+o+l-go+rw”
data-ad-client=”ca-pub-4696513935049319″
data-ad-slot=”3417295201″></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Harga tepung ceremende berkadar protein 64% hanya Rp3.000—Rp5.000 per kg. Sulthoni menambahkan beragam bekatul, jagung, bungkil kedelai, dan kalsium karbonat (CaCo3). “Dari 100% total pakan, kandungan tepung ceremende sekitar 10%,” ujar lelaki kelahiran 24 Desember 1996 itu. Mereka menguji coba pakan itu pada 100 ayam broiler. Hasilnya pakan yang mengandung ceremende lebih unggul dan hemat.

Sulthoni mengatakan, dalam sekali siklus produksi peternak yang memelihara 100 ayam bisa menghemat Rp1,8 juta. Selain itu kadar lemak ayam yang mengonsumsi pakan ceremende amat minim. “Terlihat sekali pada hati ayam yang bersih dari lemak plus kepadatan dagingnya,” kata lelaki asal Jember, Jawa Timur itu. Sementara dari segi bobot relatif sama dengan ayam yang mengonsumsi tepung ikan.

Menurut dosen pembimbing Sulthoni, Joko Prasetyo, STP, MSi, prospek ceremende sebagai pakan ternak cukup bagus. Selama ini sumber protein unggas pada pakan buatan berasal dari tepung ikan yang harganya mahal. Ceremende berprotein tinggi dan murah. “Apalagi bisa dibudidayalkan sendiri oleh para peternak ayam,” ujar pengajar di Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya itu.

Tim peneliti pakan ayam berbahan ceremende. Dari kiri: Muhammad Sulthoni Ashari, Saadatin Nurul Jannah, Elvi Indah Saputri, dan Ajid Alfaruki.

Joko Prasetyo berharap riset itu mampu membantu para peternak ayam untuk meningkatkan pendapatannya dengan menghemat biaya pakan. Selain itu, ia berharap makin banyak pihak-pihak yang bisa berwirausaha dengan penemuan ceremende sebagai pakan. “Selain sebagai pakan ayam, ceremende juga berpeluang sebagai pakan lele dan burung,” ujarnya. Sserangga yang kerap terabaikan itu berpeluang menjadi usaha baru yang akan terus berkembang seiring mahalnya biaya pakan. (Bondan Setyawan)

Tags: , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software