Cara Tetap Sehat

Filed in Satwa by on 01/02/2013 0 Comments

Rahasia merawat musang sehat: rutin mandi, potong kuku, dan pangur.

Boy menggaruk-garuk punggung dengan kaki depan. Sesekali ia menggigit bagian itu sehingga muncul luka yang kemudian berubah menjadi borok. Bulu-bulu musang pandan itu juga rontok. “Karena parah, punggung menjadi botak akibat bulu rontok,” ujar Yudhi Pakpahan, pehobi musang di Rawamangun, Jakarta Timur, itu. Yudhi segera membawa klangenannya ke dokter hewan yang memberi suntikan untuk mengatasi luka itu.

 

Dalam dua hari  kondisi Boy berangsur-angsur membaik. “Gatal mulai hilang, borok mengering, dan bulu pun mulai tumbuh,” kata Yudhi. Penyakit yang menyerang Boy dikenal dengan nama skabies. Menurut ahli satwa dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, drh Slamet Raharjo, skabies penyakit yang paling sering menyerang musang. Skabies akibat infeksi tungau. “Tungau berparasit pada kulit, membentuk lorong di dalam kulit dan memakan jaringan kulit sehingga bulu menjadi rontok,” kata Slamet.

Menular

Skabies atau kudis bersifat menular, dengan vektor musang atau kucing. Kucing yang terinfeksi jika mendekat ke musang dan tungau jatuh, maka tungau akan menempel pada musang. Akibatnya musang tertular. Munculnya infeksi hingga menyebabkan luka parah membutuhkan 7-10 hari. Yudhi menceritakan, sebelum terinfeksi skabies, ia membawa Boy pada sebuah acara pencinta musang.

Saat itu Yudhi meminjam kandang musang lain. Sepulang dari acara pertemuan itu, Boy merasakan gatal-gatal karena kerap menggaruk punggung. Slamet menjelaskan bahwa gejala skabies antara lain ujung dan tepi telinga terasa kasar bila kita raba, kemudian melebar ke alis dan lama-lama ke seluruh tubuh. Bagian tubuh yang terinfeksi terasa gatal, kulit memerah, jika digaruk lama-lama muncul luka dan bulu rontok.

“Jika sudah parah, ujung jari kaki atau pangkal kuku merah dan membengkak,” ujarnya. Dokter hewan itu menuturkan, untuk mengatasi skabies secara medis dengan memberikan obat suntik berbahan aktif ivermectin. Cara lain dengan meneteskan obat berbahan aktif selamectin di tengkuk sambil digosok-gosok. Pengobatan secara tradisional menggunakan tembakau. Pehobi silakan ambil satu genggam daun tembakau rajangan kering, basahi dengan air, remas, lalu gosokkan di bagian yang terserang.

Pilihan lain menggunakan bayam duri. Cabut bayam duri sampai akar, cuci, tumbuk, oleskan pada bagian yang terinfeksi. Pemberiannya sehari sekali. Agar terhindar dari skabies dan penyakit lain, Yudhi membersihkan kandang musang setiap hari. “Musang mengeluarkan kotoran cukup banyak, sehingga setiap hari harus dibersihkan. Jika tidak, menimbulkan bau dan berbagai penyakit,” ujarnya.

Potong kuku

Untuk menjaga kebersihan musang, Ray Chaerudin, pehobi di Cibubur, Jakarta Timur, memandikan musang 1-2 pekan sekali. Ia juga memotong ujung-ujung kuku musang sepekan sekali. “Perawatan musang sama halnya dengan perawatan anjing atau kucing,” tutur pria yang berprofesi sebagai animal trainee itu. Yudhi juga melakukan hal sama 1-2 kali sebulan. Ia menutup mata musang agar merasa tenang, memegangi kaki, lalu memotong kukunya menggunakan gunting kuku anjing atau kucing.

Selain menjaga kebersihan, pemotongan kuku juga untuk menjaga keamanan pemilik. Karena musang tergolong peliharaan yang sering dibawa ke mana-mana, demi menjaga keamanan pemilik, Ray menyarankan pehobi memotong alias pangur gigi taring musang. “Memotong taring membuat interaksi dengan musang menjadi lebih aman,” kata Ray.

Ray menjelaskan, pangur gigi taring sebaiknya dilakukan ketika musang berumur 3-8 bulan. Pemanguran tidak disarankan untuk musang berumur lebih dari 8 bulan karena pada umur itu gigi yang tumbuh sudah gigi tetap. “Jika dilepas di alam taring tidak tajam lagi untuk memangsa,” kata Ray. Pada umur 3-8 bulan gigi masih bisa tumbuh lagi. “Setelah dipangur, gigi dapat tumbuh lagi sementara musang sudah jinak,” tambahnya. Pangur dengan memotong setengah panjang taring. Untuk memangur gigi, Ray membawa musang ke dokter hewan.

Tedi Hartanto, pehobi musang di Jakarta Barat, juga menumpulkan taring musang. “Taring yang tumpul tidak menyebabkan rasa sakit ketika musang menggigit ketika diajak bercanda,” kata Hartanto.  Dengan demikian pehobi tak perlu cemas, saat satwa kesayangannya menggigit jari tangan. Pemotongan kuku dan menjaga kebersihan upaya lain sehingga pehobi tetap dekat dengan musang yang sehat. (Desi Sayyidati Rahimah)


Tiga Bulan Jinak

Ketika pintu kandang terbuka, Mona segera melompat dan terlihat asyik berjalan-jalan mengitari halaman rumah. Puas menjelajahi halaman, musang pandan itu beralih menjelah isi rumah. Ray pun membiarkan Mona berkeliaran begitu saja. Namun, sesekali ia mengecek khawatir Mona keluar pintu gerbang. Selain Mona, Momo juga terlihat sangat jinak. Badannya yang gendut makin menggemaskan ketika berjalan.

Bahkan, musang bulan Vivericulla malaccensis itu diam saja ketika digendong di pundak. Tak tampak wajah galak pada kedua musang itu. Untuk menjinakkan musang ternyata tidak begitu sulit dan membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Seperti inilah teknik menjinakkan musang ala Ray Chaerudin.

  1. Pilih anakan yang berumur 1,5-3 bulan. Musang yang masih kecil biasanya lebih mudah untuk dijinakkan. Sementara musang dari alam berumur lebih dari 3 bulan biasanya liar.
  2. Berikan pakan dengan tangan. Pemberian pakan langsung dari tangan berfungsi mendekatkan interaksi pehobi dengan hewan peliharaan. Agar lebih aman, ketika pertama kali memberikan pakan langsung dari tangan gunakan sarung tangan.
  3. Berikan interaksi dari tangan ke tubuh musang seperti mengelus. Lama-kelamaan musang tidak asing dengan sentuhan dan mengurangi gigitan. Lakukan minimal 5 menit setiap hari, lebih sering lebih baik
  4. Untuk membuat musang tidak lari saat digendong, buatlah musang lelah terlebih dahulu. Caranya, semprot dengan spray yang halus, sehingga ia akan berlari untuk menghindar. Setelah musang kecapaian, beri dia pakan langsung dari tangan dan berikan sentuhan. Lakukan 2-3 kali dalam sepekan. ***

Keterangan Foto :

  1. Manajemen perawatan, kunci utama keberhasilan pemeliharaan musang
  2. Tembakau dapat digunakan untuk mengatasi skabies
  3. Kebersihan kandang dijaga supaya musang bebas dari penyakit
  4. Musang yang masih kecil lebih mudah dijinakkan
  1. Ray Chaerudin memberikan pakan langsung dari tangan agar interaksi dengan musang lebih dekat

 

 

 

Powered by WishList Member - Membership Software