Burung Cinta Kian Sentosa

Filed in Majalah, Satwa by on 08/03/2018
Lovebird memerlukan pakan bergizi dan sesuai lokasi kandang agar pertumbuhannya optimal.

Lovebird memerlukan pakan bergizi dan sesuai lokasi kandang agar pertumbuhannya optimal.

Lovebird memerlukan pakan bergizi yang higienis.

Semula lovebird parblue violet milik Anjas Asmara itu aktif bergerak dan sehat. Anjas tertarik memiliki burung seharga Rp10 juta itu lantaran berwarna unik. Selang 3 pekan burung yang didapat dari seorang kawan pada 2015 itu malas makan, bulu mengembang, dan loyo. “Bagian dada burung itu juga seperti gergaji ketika diraba,” kata penangkar lovebird asal Makassar, Sulawesi Selatan, itu. Kotoran lovebird berwarna dominan biru itu juga encer dan berkapur, normalnya agak padat.

Selain air, wadah pakan dalam kandang lovebird mesti terisi grit, milet harian, dan egg food.

Selain air, wadah pakan dalam kandang lovebird mesti terisi grit, milet harian, dan egg food.

Tubuh burung berumur 5 bulan itu pun makin kurus. Berdasarkan gejalanya Anjas menyimpulkan lovebird itu diare. Selanjutnya ia memberikan 3 tetes obat cacing untuk manusia ke dalam 100 ml air minum. Sayangnya kondisi lovebird memburuk. Ia pun memberikan 3 tetes antibiotik khusus hewan 3 kali sehari. Bukannya membaik, lovebird itu malah mati 2 hari kemudian. Kesedihan dan kekecewaan Anjas karena kematian lovebird mahal itu belum berakhir. Saban bulan 1—2 satwa kerabat burung nuri mengalami kejadian serupa, terserang diare.

Bikin sendiri
Total jenderal ada 10 lovebird milik Anjas yang mati selama 2015. Selain kehilangan burung koleksi, ia pun rugi. “Saat itu saya merugi sekitar Rp40 juta karena kematian 10 lovebird itu,” kata pria kelahiran 31 Agustus 1984 itu. Anjas mendugasalah satu pemicu diare karena pembuatan pakan kurang higienis. Oleh karena itulah, pada pengujung 2016 Anjas mengandalkan pakan bikinan peternak lovebird dari Pulau Jawa.

Ia mengetahui pakan itu dari dunia maya. Anjas puas dengan kualitas pakan itu karena lovebird miliknya lebih cepat kawin, tubuh cepat besar, dan banyak telur yang jadi. Selain itu jumlah telur pun meningkat menjadi lebih dari 5 butir, sebelumnya hanya 2—3 butir. Menurut penangkar lovebird dari Cianjur, Jawa Barat, Jacobus Dros, pakan ideal burung cinta meliputi grit, milet harian, dan egg food.

Milet makanan pokok lovebird yang berasal dari biji-bijian.

Milet makanan pokok lovebird yang berasal dari biji-bijian.

Jadi ketiga jenis pakan itu dan air minum mesti tersedia di kandang burung asal Afrika itu. Ko Dros—panggilan akrab Jacobus Dros—tidak menggunakan kangkung sebagai pakan pelengkap karena memicu diare pada lovebird. Selain itu sayuran daun juga menyebabkan kandang bau. Menurut Ketua Komunitas Lovebird Indonesia (KLI), Benny Rustam, kangkung dan jagung menyebabkan cacingan. “Egg food berperan sebagai pengganti jagung dan kangkung. Manfaatnya sebagai sumber serat sekaligus peningkat berahi,” kata Ben KLI, sapaan akrab Benny Rustam.

Ko Dros meracik sendiri ketiga pakan itu sesuai kondisi di tanah air. “Pakan impor kualitas premium belum tentu cocok untuk lovebird yang dipelihara di Indonesia,” kata pria asal Kota Woerden, Provinsi Utrecht, Belanda, itu. Musababnya kandungan lemak dalam pakan impor lebih tinggi karena menyesuaikan kondisi musim dingin. Saat itu burung memerlukan banyak lemak untuk menjaga kehangatan tubuh. Lovebird di tanah air yang mengonsumsi pakan itu bakal gemuk.

Dampaknya burung enggan kawin karena tidak ada berahi dan produksi anakan pun menurun. Menurut Benny efek kegemukan telur menjadi infertil karena pejantan tidak bisa kawin dengan sempurna. Oleh karena itu, Ko Dros membikin pakan lovebird sendiri memanfaatkan bahan lokal dan disesuaikan dengan kondisi di tanah air. Apalagi ia sudah 40 tahun memelihara lovebird sehingga mengetahui nutrisi yang diperlukan burung anggota famili Psittacidae itu.

579_ 106Egg food
Ko Dros juga mendapatkan pengetahuan pakan dari paman dan kakek serta temannya. Perjalanan Ko Dros membuat pakan sendiri tidak berjalan mulus. Beberapa kali lovebird miliknya kegemukan karena isi pakan terlalu banyak mengandung kuaci. Ia memerlukan waktu setahun untuk mendapatkan formulasi pakan yang tepat. Ayah 2 anak itu yakin pakannya cocok untuk lovebird lantaran burung tidak gemuk dan kondisi kesehatannya tetap bagus.

Kualitas pakan kreasi Ko Dros makin terbukti yahud setelah lovebird ternakannya menjuarai beberapa kontes nasional. Sejatinya ia membagikan resep pakannya ke beberapa teman pehobi. “Namun, banyak kawan yang minta dibikinkan pakan siap pakai agar praktis,” kata penangkar lovebird profesional sejak 2010 itu. Jadilah ia memproduksi pakan sejak September 2017. Padahal, semula Ko Dros tidak berniat memproduksi dan menjual pakan. Untuk membuat grit Ko Dros menggunakan kulit kerang, arang, dan kalsium. Fungsinya memenuhi kebutuhan kalsium dan membantu pencernaan burung. Bahan baku milet harian antara lain biji kenari, kuaci, milet putih dan merah, dan biji sawi. Milet ibarat makanan pokok lovebird. Ko Dros memberikan 3 sendok makan per hari untuk sepasang burung yang pertama kali diidentifikasi pada 1836 itu. Untuk lovebird berumur lebih dari 6 bulan ia memberikan milet plus minyak esensial (essential oil) dengan takaran sama. Komposisi milet plus minyak esensial hampir sama dengan milet harian.

Jacobus Dros memproduksi pakan sesuai kebutuhan lovebird di Indonesia.

Jacobus Dros memproduksi pakan sesuai kebutuhan lovebird di Indonesia.

Bedanya milet itu mengandung minyak esensial rahasia. Fungsi milet itu mempercepat burung berahi. Menurut Ko Dros lovebird susah berahi karena sering kawin. Pakan itu juga penting karena lazimnya masa berahi lovebird berbeda. “Betina lebih cepat berahi,” kata pria yang hobi merawat burung sejak usia 7 tahun itu. Dengan milet minyak esensial kendala itu teratasi. Lovebird Ko Dros mendapatkan milet 3 kali sehari pada pukul 07.30, 14.00, dan 20.00. Anjas sudah membuktikan mutu pakan bikinan Ko Dros.

Pembuatan egg food relatif mudah. Sediakan bahan bakunya seperti wortel, tepung roti, pur halus, dan telur ayam (Lihat ilustrasi Racik Egg food Sendiri). Dua kg egg food cukup untuk pakan 200-an burung selama 2—3 pekan. Simpan egg food dalam lemari pendingin (freezer) bersuhu -20°C. “Dengan cara itu masa simpan egg food mencapai 2 bulan,” kata pehobi jalan-jalan itu. Ko Dros memberikan egg food 4 kali sehari pada pukul 07.00, 11.00, 13.00, dan 19.00. Egg food bagus untuk anakan sehingga takarannya tergantung umur piyik.

Jika sepasang indukan dan anak baru menetas, berikan 4 sendok teh egg food. Empat sendok makan egg food untuk anakan berumur 10 hari. Kurangi egg food ketika lovebird kecil berumur 1 bulan. Lebih lanjut Ko Dros mengatakan sebetulnya lebih baik bikin pakan sendiri. Syaratnya penangkar mesti mengetahui komposisi pakan keperluan satwa kerabat burung betet itu. Kendala lain pembelian pakan lovebird pun mesti 25 kg. Jadi banyak peternak yang membeli pakan siap pakai untuk klangenannya. (Riefza Vebriansyah)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software