Beragam Wajah Yuwen

Filed in Buah by on 31/12/2010 0 Comments

 

Yuwen asal Hypermart Cibubur Junction, sosok agak bulat dengan kulit hijau kekuningan. Bobot 1,2 kgMeski bentuk buah berbeda citarasa dasar yuwen mirip: manis agak asam. Daging buah juga tebalYuwen di Hypermart Cibubur Junction, kulit agak kemerahan dengan bentuk buah memanjangYuwen asal Total Buah Segar, BSD, Tangerang, kulit buah hijau kekuninganDaging buah yuwen pun istimewa. Warnanya jingga dan sangat tebal karena biji supertipis. Rasa manis agak asam dengan tekstur lembut. Yang menarik justeru kulit dan bentuk buah. Saat Dr Reza Tirtawinata, pakar buah di Bogor, mengabarkannya pertama kali pada Oktober 2009, kulit buah benar-benar merah pekat. Sosok buah besar agak memanjang.

Namun, seminggu berselang, Siti Hutami Endang Adiningsih, pemilik Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Bogor, mendapatkan yuwen yang warnanya hijau semburat kuning dan kemerahan. Buah juga jumbo tapi agak membulat. Saat Reza mencicip buah yang disodorkan Mbak Mamiek (panggilan Siti Hutami, red) citarasa mirip dengan yuwen yang diperolehnya sendiri. ‘Rasanya sama, hanya agak asam,’ kata Reza.

Pantas Reza yakin kedua mangga – yang berkulit merah pekat dan hijau kekuningan dan merah – itu varietas yang sama. Dugaan Reza dikuatkan Zoilus Sitepu, mantan national specialist for fruit and vegetable Hypermart. Menurut Zoilus pada Oktober 2009 bagian buah Hypermart berkali-kali mengimpor mangga jumbo dari Taiwan. ‘Meski kulit buah agak berbeda, itu jenis mangga yang serupa karena berasal dari importir dan pesanan yang sama,’ kata Zoilus.

Bervariasi

Pengalaman Reza dan Mbak Mamiek pun dialami wartawan Trubus Nesia Artdiyasa. Pada 2009 ia memperoleh 2 yuwen yang berbeda di pasar swalayan yang sama. Yang pertama berkulit merah pekat dan yang kedua hijau dengan semburat merah muda. Kala membeli sang penjaga menyebut mangga berwarna hijau agak kemerahan itu serupa dengan mangga berkulit merah pekat yang dibeli 2 minggu sebelumnya.

Sementara Ricky Hadimulya, pemilik nurseri Hara di Ciseeng, Bogor, mencicip yuwen dari Toko Buah Total Buah Segar, 2 tahun silam. ‘Bentuk buah agak membulat dengan warna hijau kuning kemerahan,’ katanya. Bentuk dan warna itu sama dengan buah yang dipetik Ricky dari pohon asal Taiwan yang ditanam 5 tahun sebelumnya. Ricky juga melihat mangga merah asal Taiwan di Thailand dengan julukan mangga emperor. Bobot per buah 1,8 – 2,2 kg.

Menurut JS Lin, kolega Trubus di Taiwan, satu-satunya mangga raksasa yang dikenal di Taiwan ialah yuwen. Ia varietas yang banyak ditanam pekebun di Pulau Formasa selain irwin. Lin juga mengirim Trubus alamat situs yang memuat informasi mengenali yuwen.

Golden dan irwin

Disebutkan rasa yuwen mirip dengan golden mango alias namdokmai, tetapi memiliki karakter pertumbuhan seperti irwin. Diduga ia persilangan antara keduanya. Kata yuwen berasal dari kata yujing, sebuah kota di bagian selatan Taiwan. Dari sanalah yuwen menyebar ke berbagai daerah hingga mancanegara. Sebut saja ke Thailand dan Indonesia.

Saat Trubus mengetik kata yuwen di mesin pencari dengan hanse (aksara China, red), maka warna kulit yuwen memang bervariasi: mulai kuning, jingga, hingga merah pekat. Disebutkan pula yuwen menjadi julukan mangga raksasa berwarna kemerahan.

Menurut Reza variasi warna dan bentuk yuwen mungkin saja terjadi. ‘Itu seperti arumanis di Indonesia karena tetua bukan dari pohon induk tunggal tetapi pohon komunal,’ katanya. Pada arumanis dikenal arumanis 143 yang merupakan seleksi dari beragam arumanis di tanahair. Kasus serupa terjadi pada gedong. ‘Meski sama-sama gedong, bila dipanen lebih tua ada yang bisa berubah menjadi merah sangat pekat, tapi ada yang merahnya biasa saja,’ tambah Reza.

Beda sosok buah dan warna buah juga bisa terjadi karena tingkat kematangan berbeda. Pun lokasi penanaman. ‘Bila ditanam di daerah bersuhu rendah dengan cahaya penuh warna bisa lebih pekat. Sebaliknya bila ditanam di daerah bersuhu tinggi dan cahaya kurang, warna lebih hijau kekuningan,’ tutur Reza. Maklum, buah yang terpapar cahaya matahari cenderung warnanya lebih muncul. Lantaran itu, menurut Reza, sebaiknya lakukan seleksi terlebih dulu sebelum menanam yuwen skala komersial.

Terlebih Indonesia yang tropis, beda dengan Taiwan yang subtropis. Pada daerah tropis bentuk buah bisa berbeda tergantung ketinggian. Misal, mangga yang ditanam di ketinggian 780 – 800 m dpl bisa saja bentuknya lebih memanjang, sementara yang ditanam di dataran rendah lebih membulat. Jadi, ‘tanam dulu untuk hobi, bila terbukti bagus baru komersial,’ kata Reza. (Destika Cahyana/Peliput: Nesia Artdiyasa)

 

Powered by WishList Member - Membership Software