Awet 10 Tahun

Filed in Majalah by on 01/03/2017

568_ 14-7Grain atau biang kefir kering angin pada 2006 dapat menghasilkan kefir berkualitas pada 2017. Itu pengalaman drh Bobby Chrisenta, produsen kefir di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Pada 2006, Bobby mengeringkan biang kefir dengan menghamparkan cara menganginkan dalam ruang selama 5 hari. “Saat itu iseng saja, tujuannya hanya mengawetkan grain agar praktis disimpan kalau tidak langsung digunakan,” kata dokter hewan alumnus Institut Pertanian Bogor itu.

Lazimnya produsen langsung memasukkan biang yang mereka dapatkan dari penyaringan produk kefir ke dalam susu segar untuk membuat kefir baru. Bagi Bobby hal itu lama-kelamaan menjadi masalah. “Pembuatan seliter kefir menjadikan bobot grain meningkat dari 50 g menjadi hampir 2 kali lipat, bahkan lebih,” kata Bobby. Kalau dalam sebulan Bobby memproduksi 600 l kefir, maka bulan berikutnya memiliki biang untuk membuat 1.200 l kefir.

Padahal kenaikan permintaan tidak sebanyak itu, kadang bahkan menurun. Saat itulah Bobby mencoba mengeringkan biang untuk penyimpanan jangka panjang. Ia menghamparkan biang itu di atas loyang ceper dan membiarkannya. Setiap hari ia memeriksa kalau-kalau gumpalan mikrob berubah warna menjadi hijau, kuning, atau kehitaman—yang berarti biang terkontaminasi mikrob lain dari udara.

Nyatanya tidak. Gumpalan putih itu perlahan mengering dan warnanya berubah menjadi kecokelatan mirip sobekan tepi roti tawar. Setelah kering sempurna, ia lantas menyimpan biang itu dalam stoples bersih. Sejak itu biang kering itu menjadi cadangan untuk digunakan sewaktu-waktu diperlukan sampai sekarang. Pada 2017 Bobby memberikan beberapa gumpal biang kering itu kepada rekan yang ingin mencoba membuat kefir sendiri.

Hasilnya sang teman sukses membuat kefir menggunakan biang kering berumur hampir 11 tahun itu. Terbukti bahwa mikrob dalam biang itu mampu bertahan lama dengan perlakuan tepat. Citarasa kefir yang menggunakan biang lawas pun tetap lezat, tak ada bedanya dengan kefir yang menggunakan biang baru. (Argohartono Arie Raharjo)

Tags: ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software