Atasi Keputihan

Filed in klinik herbal by on 03/08/2013

Saya menderita keputihan sejak 2003. Saat keputihan itu datang rasa sakitnya melebihi ketika menstruasi. Hasil ultrasonografi (USG) memperlihatkan rahim saya bersih dari mioma, kista, dan tumor. Dokter hanya memberikan obat penghilang rasa sakit. Belakangan saya mencoba herbal dengan meminum rebusan daun sirih merah, tapi sejauh ini tidak ada perubahan. Saat ini saya telah menikah dan belum memiliki keturunan. Apakah keputihan berpengaruh terhadap organ reproduksi? Adakah herbal yang bisa mengobati keputihan?

Nyi. R. Weny Widiarti SPt
Jl. Pulomoyo, Pedungan
Denpasar, Bali

dr Sidi Aritjhaja

Keputihan terjadi akibat peradangan di organ reproduksi karena bakteri Fluor albus. Keputihan yang menimbulkan nyeri saat menstruasi adalah karena uteritis, salphingitis, dan ovaritis. Sirih merah hanya bersifat sebagai antibakteri, tapi tidak mengurangi rasa nyeri. Keputihan dapat memicu alergi terhadap sperma yang dapat mempersulit Anda hamil.

Resep
Bahan

  • Rimpang temulawak Curcuma xanthorrhiza     5 gram
  • Rimpang kunir putih gombyok Kaempferia rotunda    5 gram
  • Temu kunci Boesenbergia rotunda          1,5 gram
  • Biji kemukus Piper cubeba                     1,5 gram
  • Biji jintan putih Cuminum cyminum    1,5 gram
  • Daun sembung Blumea balsamifera        1,5 gram

Cara Membuat:

Semua bahan itu dimasak dalam 3 gelas air hingga mendidih dan menjadi 1 gelas. Minum hasil rebusan antara pukul 19.00—20.00. Keputihan akan berkurang setelah rutin konsumsi selama 4 minggu. Peradangan akan menghilang setelah 8—12 minggu konsumsi. Masalah alergi sperma silakan diperiksakan ke dokter bersama suami untuk melihat tingkat alerginya itu.***

 

Powered by WishList Member - Membership Software