Aroid di Benua Biru

Filed in Majalah, Topik by on 02/09/2020

Pehobi aroid di Belgia, Einimie van Steenberge.

Tren aroid mendunia. Salah satu negara yang gandrung aroid adalah Belgia. Menurut pehobi aroid di Belgia, Einimie van Steenberge, permintaan aroid meningkat di Eropa seperti layaknya di Amerika Serikat dan Asia. Namun, pehobi di Eropa tidak seroyal di Asia. Pehobi di Eropa rata-rata membeli tanaman di kisaran €200 atau sekitar Rp3,5 juta. Kecuali beberapa jenis seperti Philodendron caramel marmer, P. billietiae variegata, Monstera obliqua, dan Monstera adansonii variegata.

Menurut Einimie harga tanaman impor asal Asia kini relatif mahal. Oleh karena itu, mulai berkembang perbanyakan lokal. Namun, meski harga terus melonjak euforia aroid di Eropa meningkat. Indikasinya banyak toko tanaman hias baru yang menjual aroid. Hal itu menyebabkan banyak menjaring pehobi anyar aroid. Komunitas pun makin berkembang, tandanya dengan membentuk European Aroid Society (AES) pada September 2020.

Philodendron dan monstera dua aroid yang paling digemari. Anthurium pun cukup populer. Namun, petani Eropa masih kesulitan untuk memeperbanyaknya. Jenis lain seperti scindapsus kurang populer dibandingkan dengan philodendron dan monstera. Namun, menjadi incaran kolektor baru untuk mengeksplorasinya. Syngonium pun populer, di Eropa Timur khususnya ada basis kolektor yang sangat besar yang tergila-gila pada Syngonium. Sebab, perawatan dan perbanyakannya relatif mudah, dan dedaunannya yang berwarna-warni. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software