Apartemen Buah Suci

Filed in Laporan khusus by on 30/11/2011

Perjalanan wisata ke Israel pada delapan tahun silam itu begitu berkesan. Satu yang tak dapat dilupakan Loyamandra, deretan pohon ara di sepanjang jalan-jalan utama kota Yerusalem. “Rasa buahnya enak,” kata Aloy, sapaannya. Tak hanya enak, buah yang namanya disebut dalam kitab suci itu pun berkhasiat untuk kesehatan.

Itu yang membuat pria 52 tahun itu kemudian mengoleksi Ficus carica. Aloy mendatangkan black mission dari Italia, negronne dari Perancis, red israel dari Israel, red california dari Kalifornia (Amerika Serikat), dan brown turkey dari Turki. Sementara jenis black mission, black genoa, dan yum-yum didapat dari Australia. Total jenderal perancang perhiasan itu memiliki 16 jenis     buah tin.

Bertahap

Aloy menyambung tunas keenam belas tin itu ke batang bawah green jordan. Mengapa? “Ingin terlihat beda saja,” kata kolektor tin sejak 2003 itu. Jadilah tin 16 in one. Green jordan dipilih sebagai batang bawah karena paling adaptif dan sudah lebih lama tumbuh di Indonesia.

Mula-mula kolektor di Jakarta Timur itu memilih green jordan bercabang banyak dan bentuknya proporsional.  Lalu memotong dan menyayat dengan bentuk V cabang yang tidak terlalu muda tidak terlalu tua. Ke bekas potongan itu Aloy menyambung pucuk dari jenis lain. Penyambungan secara bertahap menghabiskan waktu tiga tahun. Sebab ia harus menunggu luka sambungan sembuh satu per satu.

Risiko gagal karena cabang tanaman busuk sekaligus pun terhindar.

Setelah “proyek” penyambungan selesai, barulah Aloy membuahkan tin. Ia menggenjot stamina tanaman dengan memberi pupuk melalui akar dan daun sekaligus. Setelah kondisi tanaman prima, barulah ia pupuk dengan hara mengandung fosfor dan kalium tinggi. Satu bulan pascaperlakuan, olala…! Pentil buah tin yang sebetulnya bunga majemuk itu mulai bermunculan.

Buah matang sempurna 8 minggu kemudian dengan aneka warna kulit bak pelangi. Ungu dari black ischia, negronne, fiorone de ruvo, black mission, yum-yum, black genoa, dan adam.  Hijau-nya green jordan, brown turkey, conadria, dan white genoa. Warna kuning berasal dari long yellow dan panache tiger, serta merah asal red israel, red california, dan flanders. “Biasanya 3-4 jenis ada berbuah sekaligus, yang lain menyusul bergantian,” ujar Aloy.

Sayang setahun silam tanaman mati karena Aloy kerap bepergiaan ke luar kota sehingga tin bak susunan apartemen itu tidak terawat. Untung pria ramah itu masih punya tin 5 in 1 berbatang bawah flanders yang disambung dengan black mission, red israel, long yellow, dan fiorone di ruvo.

Teknik sambung

Memiliki tin dengan beragam jenis dalam satu pohon jadi kebanggaan hobiis. Sebab untuk mendapatkannya mereka harus menguasai teknik penyambungan buah ara. Mafhum selama ini buah suci itu lazimnya diperbanyak dengan setek dan cangkok, bukan penyambungan. Handa Sugiharto di Malang, Jawa Timur, menyambung susu adriatik dengan negronne serta black ischia dengan negronne. “Saya pilih black ischia dan negronne karena warna buahnya, hitam, kontras dengan daun,” kata Handa.

“Pilih entres berdiameter sama dengan batang bawah sehingga kambium vaskuler batang atas dan bawah menyatu sempurna,” tutur ahli Pomologi dari Fakultas Pertanian, Institut Pertanian, Bogor, Dr Ir Winarso D Widodo. Kambium vaskuler terletak di antara pembuluh xilem dan floem.

Kambium yang menyatu sempurna membuat aliran nutrisi dari batang bawah ke atas optimal. Kalaupun tidak sama, diameter batang bawah lebih besar sehingga ada bagian kambium batang atas yang menyatu dengan kambium batang bawah. Ikat hasil sambungan dengan plastik, lalu sungkup hasil sambungan sehingga kelembapan mikronya terjaga.

Hindari paparan sinar matahari langsung terlalu lama supaya sambungan tidak kering. Sebulan pascapenyambungan biasanya batang atas dan bawah menyatu sempurna sehingga sungkup bisa dilepas. Tunggu hingga semua sambungan yang dilakukan bertahap itu sehat, baru pacu bunga di apartemen buah ara itu. (Tri Istianingsih)

 

  1. Loyamandra koleksi berbagai tin dari mancanegara
  2. Dengan teknik sambung, beragam jenis tin dapat digabungkan dalam satu pohon

 

Buat Pelangi

  1. Siapkan batang bawah bercabang banyak dan proporsional serta batang atas dari tin jenis lain. Pangkas cabang batang bawah hingga tersisa kira-kira 5 cm.
  2. Buat sayatan berbentuk huruf “V” pada batang bawah sedalam kira-kira satu ruas jari telunjuk. Sayat batang atas menyesuaikan sayatan di batang bawah.
  3. Celupkan entres ke dalam larutan perangsang akar lalu keringanginkan
  4. Rekatkan batang atas dan batang bawah secara hati-hati
  5. Ikat area sambungan dengan plastik erat-erat dan buat simpul di akhir ikatan
  6. Sungkup batang sambungan dengan plastik lalu ikat
  7. Simpan di tempat teduh. Ulangi proses pada cabang lain dengan jenis tin berbeda
  8. Tin pelangi pun siap berbuah
 

Powered by WishList Member - Membership Software