Antara Porang, Iles-Iles, dan Suweg

Filed in Majalah, Topik by on 02/03/2020

Umbi daun atau bulbil ciri khas porang yang tidak ditemukan pada iles-iles dan suweg.

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, mengatakan porang Amorphophallus muelleri adalah tanaman umbi asli daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman itu sudah lama berkembang di tanah air. Namun, nilai ekonomi porang baru terkuak pada 10 tahun terakhir. Masyarakat kerap bingung membedakan antara porang, iles-iles, dan suweg.

Pengepul porang dari Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Riko Mahendra Devaputra kerap mendapati porang pesanannya bercampur dengan umbi lain seperti iles-iles. Riko rutin membeli porang dari berbagai daerah di Indonesia untuk memasok para pembuat irisan kering porang sejak 2017. Kini keberadaan umbi lain dalam pesanan Riko berkurang setelah ada penjelasan tentang porang.

Peneliti porang di Pusat Penelitian dan Pengembangan Porang Indonesia, Universitas Brawijaya, Rodiyati Azrianingsih, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengatakan, ketiga tanaman itu berbeda. Sebelumnya iles-iles digunakan untuk menyebut semua tanaman bergenus Amorphophallus. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kini nama iles-iles merujuk pada Amorphophallus variabilis.

Cirinya tangkai daun tidak besar karena hanya berdiameter tidak lebih dari 5 cm. Daging umbi iles-iles putih seperti bengkuang. Sementara daging umbi suweg Amorphophallus paeoniifolius kusam dan tidak bening. Diameter tangkai daun suweg lebih besar daripada iles-iles yaitu mencapai 15 cm. Tingginya bisa lebih dari 2 m. Adapun umbi porang Amorphophallus muelleri berwarna kuning.

Itulah sebabnya tepung porang disebut yellow konjac. Adapun tepung konyaku yang asli berwarna putih. Tepung itu berasal dari Amorphophallus konjac. Ciri khas porang yang tidak ditemui pada iles-iles dan suweg adalah keberadaan umbi daun atau bulbil. Ada pula yang menyebut umbi itu katak. (Riefza Vebriansyah)

Tags: , , , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software