Agribisnis dan Ruang Virtual

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/06/2020

Webinar “Ide Bisnis dari Rumah” yang diselenggarakan oleh Majalah Trubus pada 16 Mei 2020 diikuti oleh 450 peserta dari berbagai kota di Indonesia.

 

Sebanyak 450 peserta menyimak paparan urban farming dari Dr. Iwan Setiawan, S.P., M.Si. Dosen Agribisnis Universitas Padjadjaran itu menjadi pembicara webinar—seminar web—yang diselenggarakan Majalah Trubus, Sabtu 16 Mei 2020. Dua pembicara lain, dosen Agroteknologi Universitas Hasanuddin, Rahmansyah Dermawan, S.P., M.Si., dan pelaku pertanian perkotaan di Durensawit, Jakarta Tmur, Sere Rohana Napitupulu.

Pademi virus korona “memakna” masyarakat berubah seperti menggelar diskusi di ruang virtual—hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Kini muncul tatanan baru berkomunikasi di ruang virtual yang makin riuh. Peserta dari berbagai kota seperti Banda Aceh, Samarinda, Gorontalo, Kupang, mengikuti webinar Majalah Trubus. Budidaya melon di pekarangan, hidroponik skala rumahan, dan teknologi ekoenzim untuk mengontrol organisme pengganggu tanaman sangat menarik perhatian peserta.

Menjelaskan detail ketiga hal itu tidak memungkinkan karena keterbatasan waktu. Oleh karena itu, Majalah Trubus juga menyelenggarakan pelatihan virtual disertai praktik yang akan dipandu narasumber berpengalaman. Materi webinar dan pelatihan itu sejalan dengan topik utama Majalah Trubus edisi Juni 2020, Agribisnis dari Rumah. Masyarakat dapat membudidayakan sayuran buah, tanaman obat, bahkan ikan di di rumahnya.

Majalah Trubus mengulas lengkap kiat beragribisis di rumah hingga 30 halaman. Keruan saja itu dibuktikan oleh para pelaku. Ada yang memanfaatkan dak rumah, lokasi menjemur pakaian, teras, pagar, di atas got. Singkat kata, tidak ada alasan untuk berkebun di rumah. Gangguan hama? Ada solusinya dengan beragam bumbu dapur. Selamat berkebun di rumah sembari menikmati sajian kami.***

Salam

Sardi Duryatmo

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software