Adenium Banjir Bunga

Filed in Majalah, Tanaman hias by on 15/07/2016

Strategi perawatan agar adenium berbunga sepanjang tahun.

Adenium berbunga sepanjang tahun menjadi rangkaian bunga abadi.

Adenium berbunga sepanjang tahun menjadi rangkaian bunga abadi.

Sosok adenium tumpuk itu amat seronok. Orang acap kali silap melihat penampilan adenium tumpuk sebagai mawar. Tanaman hias anggota famili Apocynaceae itu layak menghias teras atau halaman rumah. Sebab, banyak ragam dengan corak dan warna yang elok. Bunganya kompak. Namun, banyak pehobi mengeluhkan koleksinya malas berbunga, terutama pada musim hujan.

Adenium sakda berbunga ketika nutrisi mencukupi.

Adenium sakda berbunga ketika nutrisi mencukupi.

Adenium mereka hanya berbunga pada musim kemarau. Itu pun bunganya hanya sedikit sehingga mereka hanya menikmati keindahannya 3—4 hari. Sejatinya merawat kerabat bintaro itu relatif mudah. Bahkan pada musim hujan pun, kamboja jepang itu tetap rajin berbunga. Bahkan karena beberapa tanaman memunculkan bunga secara bersamaan, sehingga menjadi penghias rumah yang sangat indah.

Agar lebat
Banyak faktor yang mempengaruhi adenium berbunga lebat seperti jenis, pot, dan media tanam. Faktor pertama ialah pilih jenis yang mudah berbunga. Untuk mengetahui, tanyakan kepada penjual adenium. Bisa juga dengan mengetahui indukan varietas itu. Biasanya, bila kedua induknya rajin berbunga, kemungkinan sifat itu menurun pada anakannya. Varietas yang rajin berbunga di antaranya triple blue, pioneer, rainbow, pepito, sup som boom, good luck, sun hallo, dan sale da.

Adenium pinky star termasuk jenis yang mudah berbunga.

Adenium pinky star termasuk jenis yang mudah berbunga.

Adapun kin na rind, princess athea, black lady, dan red marble termasuk adenium malas memamerkan bunga. Dengan memiliki koleksi yang rajin berbunga, setidaknya lebih mudah membungakannya. Bila sudah memiliki varietas itu, selanjutnya tinggal merawat kamboja jepang. Langkah pertama pilih pot yang pas. Gunakan wadah dari plastik atau pot tanah liat, atau keramik. Perlu diingat, adenium itu tidak menyukai air menggenangi akarnya.

Oleh karena itu pilih wadah yang memiliki lubang yang banyak, baik di dasar pot atau di bagian pinggir. Media tanam untuk adenium harus tidak mengikat air terlalu lama. Pehobi memanfaatkan campuran sekam bakar, pasir atau tanah hitam, kompos, serbuk sabut kelapa atau cocopeat, dan pupuk organik dari kotoran kambing atau sapi. Pupuk organik harus sudah matang hasil fermentasi—tanpa bau, hitam, tak menimbulkan panas. Perbandingan campuran 3:1:1:1:1.

Masukkan media dalam pot, lalu tanam adenium itu. Kini siram tanaman dengan larutan vitamin B-1 untuk menjaga kondisi tanaman tetap prima. Konsentrasi vitamin B-1, 2 cc per l air. Letakkan tanaman itu di tempat ternaungi selama 3 hari. Setelah itu, pindahkan ke tempat terbuka agar menerima sinar matahari penuh dan berangin. Letakkan tanaman di atas rak atau steger agar tidak langsung di tanah.

Rangsang berbunga

Adenium jenis thai thong.

Adenium jenis thai thong.

Bila adenium yang dimiliki bukan tergolong jenis rajin berbunga, jangan putus harapan. Ia tetap bisa berbunga dengan perawatan optimal seperti rajin memangkas cabang atau ranting. Dengan memiliki banyak cabang, adenium yang bertajuk lebat dapat mengeluarkan bunga dari setiap cabang. Lakukan pemangkasan cabang setiap 4—6 bulan. Atau saat cabang sudah memanjang sehingga tidak proporsional dengan sosok tanaman keseluruhan.

Tajuk tanaman pun terlihat kurang bagus. Pemangkasan bisa juga dilakukan bila pucuk daun atau kuncup bunga tidak pernah keluar dalam waktu lama. Cara pemangkasan dengan memotong cabang atau ranting di atas mata tunas yang menghadap keluar. Diharapkan tunas cabang yang muncul kelak mengarah keluar sehingga percabangan rapi. Bunga yang dihasilkan tidak terhalang dan bisa menerima sinar matahari langsung.

Varietas yang berbunga lebat, biasanya juga rajin berbunga.

Varietas yang berbunga lebat, biasanya juga rajin berbunga.

Gunakan pisau tajam sehingga cabang terpotong secara mulus tanpa merusak kulit cabang. Pada kondisi sehat, dalam 2—3 pekan, tunas baru akan muncul. Untuk menjaga kondisi tanaman tetap sehat dan tahan terhadap hama penyakit, berikan pupuk secara rutin. Bila cabang cukup sehat, bisa mulai dilakukan program pembungaan. Kini taburkan pupuk bunga lambat urai di sekitar batang. Frekuensi pemberian sekali dalam 3—6 bulan.

Pupuk itu mengandung fosfor dan kalium yang lebih tinggi daripada nitrogen, sehingga merangsang tanaman berbunga. Contoh pupuk lambat urai ialah Dekastar, Magamp plus K, Dekaform, dan Osmocote. Dosis pemberian 1 sendok teh atau sendok makan, tergantung ukuran tanaman. Bila tunas bunga belum muncul sedangkan cabang sudah memanjang, pangkas kembali cabang itu.

Berikan kembali pupuk dengan fosfor dan kalium lebih tinggi daripada nitrogen. Setelah muncul tunas daun, biasanya tunas bunga segera menyusul. Lakukan perawatan itu secara rutin. Setiap 6 bulan, tambahkan media yang baru. Setelah setahun segera ganti media tanam. Dengan perlakuan demikian, adenium berjuluk mawar gurun itu rajin berbunga. (Dian Widiasih, pehobi adenium di Pekanbaru, Provinsi Riau)

Tags: , ,

 

Powered by WishList Member - Membership Software