1st MCHI International Betta Contest: Hoki bagi Kaisar United

Filed in Satwa by on 02/05/2011

 

Kemenangan halfmoon milik Kaisar United dari Banten itu bukan tanpa alasan. “Secara keseluruhan bentuknya bagus. Ia juga aktif pada saat penilaian,” kata Hermanus J Haryanto, juri asal Jakarta. Kelebihan lain, siripnya rapi dan simetris. Selain itu, “Bukaan ekornya juga penuh, 1800, sesuai standar,” tambah Agung Karim, juri asal Bekasi. Wajar bila para juri—Edi Sudardjat, Hermansyah, Ahmad Yusuf, dan Hermanus (Jakarta), Arief SL dan Agung Karim (Bekasi), Resty DPKS (Banten), Yakin (Surabaya), serta Hari (Yogyakarta)—dan ketua juri, Mustafa Kamil, menganggap hasil voting memuaskan.

Sejatinya serit milik Salto 3 Betta yang meraih 3 suara juga tak kalah menarik. “Sirip rapi, warna bagus, dan ia aktif tanda ikan sehat,” ujar Agung. Cupang berumur 4 bulan itu yang terbaik mewakili kategori serit. Sayang, pada babak best in show keberuntungan belum berpihak pada serit pengisi akuarium 700 itu. “Sebetulnya untuk memilih best in show paling sulit. Susah jika plakat, halfmoon, dan serit diadu,” kata Agung. Maklum, ketiganya memiliki kelebihan masing-masing. “Serit itu cantik, halfmoon anggun, dan plakat gagah,” tambah Sekjen Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI) itu.

Membludak

Kategori plakat paling ramai lantaran terdapat 13 kelas yang dilombakan. Penilaian pun berlangsung ketat. Musababnya, “Kualitas peserta mirip-mirip sehingga susah memberi keputusan. Namun, kami (para juri, red) berusaha memilih ikan yang benar-benar mendekati kriteria ideal,” ujar Hermanus. Ikan yang mempunyai kekurangan tidak dipilih. Contohnya beberapa kontestan terlihat agresif dengan bukaan ekor maksimal, tapi siripnya sobek.

Kontes yang diselenggarakan MCHI pada 2—3 April 2011 di Desa Wisata Hotel, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, itu  mendapat respon luar biasa dari mania cupang. “Total ikan yang masuk mencapai 901 ekor,” kata Agung Satriawan, ketua umum MCHI. Peserta datang dari klub-klub di berbagai kota seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Banten, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Pekanbaru, Manado, hingga Balikpapan. Kontes yang dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Ir H Fadel Muhammad, itu juga diikuti peserta mancanegara dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Kaisar United membawa pulang trofi terbanyak dari 52 kelas yang dilombakan sehingga berhak mendapat gelar juara umum dan memboyong piala bergilir Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Acara yang didukung oleh Indo Betta Splendens, Betta Club Indonesia, Betta Mania Independen Indonesia, Kaisar United Banten Indonesia, dan Kelompok Kota Bambu Slipi (Kobapi) itu kian marak dengan digelarnya doorprize dan games seru antarklub cupang. Lomba mewarnai ikan cupang hias yang diikuti peserta tingkat taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) pun menambah kemeriahan acara kontes cupang MCHI yang pertama itu. (Rosy Nur Apriyanti)

Keterangan foto

  1. Jawara di divisi serit
  2. Best in show halfmoon di TMII
  3. Ir H Fadel Muhammad, menyerahkan piala bergilir Menteri Kelautan dan Perikanan RI kepada Agung Satriawan ketua umum MCHI
  4. Terbaik di divisi plakat
 

Powered by WishList Member - Membership Software