Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 01/06/2021

Bibit Wader
Dua edisi berturut-turut Majalah Trubus mengulas ikan wader. Pada edisi April 2021 Trubus mengulas konservasi dan bisnis ikan wader. Sementara pada edisi berikutnya terdapat ulasan cara pemijahan ikan wader. Di manakah mencari bibit wader?

Iwan Sulistyo
DKI Jakarta

Anda bisa mendapatkan bibit wader terpercaya hasil budidaya di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Ikan wader

Kiat Perawatan Wader
Bagaimana menentukan kualitas air yang baik untuk ikan wader? Berapa durasi yang dibutuhkan untuk membesarkan bibit wader hingga masa panen?

Anis
Kabupaten Tangerang,
Provinsi Banten

Menurut penelitian Rantika Dewi Wanda dari Universitas Brawijaya, ikan wader pari Rasbora argyrotaenia dapat memijah dengan baik bila dibudidayakan pada tempat dengan suhu 23,5—24,9 ºC dan pH berkisar antara 7,2—7,42. Adapun nilai dissolved oxygen (OD) atau oksigen terlarut yang optimal 5,41-6,33 mg/l. Ikan wader bisa dipanen 2—3 bulan setelah menetas.

Panen Wader
Permintaa olahan ikan wader ternyata sangat banyak. Berapa bobot segar ikan wader dewasa per ekor? Berapa jumlah ikan dalam satu kilogram?

Adli Furqon
Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Menurut Balai Riset Pemuliaan Sumberdaya Ikan Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitah Gadjah Mada, bobot ikan wader pari Rasbora lateristriata 13,9 g/ekor. Oleh karena itu, dalam satu kg bisa mendapatkan 21 ekor ikan.

Herbal Batuk Kering
Apakah rekomendasi minuman herbal untuk mengobati batuk kering?

Sri Mey
DKI Jakarta

Siapkan 7 gram daun saga, 10 gram buah asam, dan 1 jari kayu manis. Kemudian cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 ml air hingga mendidih dan tersisa 300 ml air. Matikan api dan saring larutan dari bahan-bahan besar. Anda bisa meminum larutan itu dua kali pada pagi dan sore hari. Usahakan minum setiap hari hingga batuk kering reda.

Konsumsi Buah dan Sayuran
Saya pernah membaca bahwa beberapa buah dan sayuran tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan kopi dan teh. Apakah pernyataan tersebut benar?

Cahaya Cipta
Kota Tangerang Selatan,
Provinsi Banten

Meminum kopi setelah memakan makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti sayuran daun hijau, tofu, roti gandum utuh, dan kacang mete memang dapat menghambat penyerapan zat besi selama proses pencernaan. Oleh karena itu, dianjurkan tidak meminum kopi setelah makan supaya penyerapan nutrisi terhadap makanan bisa maksimal.

Cacing Sutra

Panen Cacing Sutra
Majalah Trubus edisi April 2021 mengulas bisnis cacing sutra untuk pakan ikan. Bagaimana cara panen cacing sutra karena ada lumpur yang menempel?

Achmad Romdhoni
DKI Jakarta

Pemanenan cacing sutra Tubifex sp. akan terdapat bagian dari substrat budidaya yaitu lumpur yang ikut terbawa. Pindahkan cacing hasil panen ke bak amparan dan pisahkan lumpur dari cacing sutra dengan mengalirkan air sambil mengaduk-aduk lumpur. Selanjutnya tutup bak amparan selama 2 jam sehingga cacing sutra berkumpul ke permukaan dan lumpur dapat lebih terpisah dari cacing. Ambil cacing dengan serok dan pindahkan ke bak pembersih yang dipasang blower untuk mendorong lumpur dan kotoran terlepas dari cacing dan mengalir ke saluran pembuangan. Diamkan 3—4 jam dan air mulai jernih. Ciri-ciri cacing yang sudah bersih yaitu berwarna merah muda atau tua. Cacing bisa dipindahkan ke bak yang yang berbeda dengan air jernih baru sebagai wadah cacing siap jual.

Ikan Gupi

Ikan Gupi
Majalah Trubus mengulas bisnis ikan gupi. Bagaimana ciri-ciri umum ikan gupi? Selain itu, berapa lama masa kehamilan ikan gupi?

Dwi Jayanto
DKI Jakarta

Ikan gupi jantan dan betina memiliki perbedaan penampilan. Secara umum ikan gupi jantan berwarna-warni, sedangkan betina berwarna lebih monoton dan pudar. Ukuran gupi betina lazimnya lebih besar (3—6 cm ) ketimbang gupi jantan (1—4 cm). Ikan gupi bunting selama sekitar 2—3 pekan. Ciri-ciri ikan gupi yaitu perut terlihat membesar dan terdapat bercak yang makin gelap di bagian perut dekat ekor.

Tags:

 

Powered by WishList Member - Membership Software