Wiratani Muda 2017

Filed in Wiratani Muda by on 03/11/2017

TITIS (161)           Lima tahun terakhir aktivitas Yudi Permana, pemuda di Cianjur, Jawa Barat,  selalu ajek. Setiap pagi ia memeriksa kumbung jamur. Ia memanen jamur tiram Pleurotus ostreatussecara hati-hati agar tidak rusak. Yudi mampu memanen 400—600 kg jamur segar setiap hari. Petani muda berusia 29 tahun itu memiliki 18 kumbung jamur dan 7 petani plasma.Dari perniagaan jamur tiram itu Yudi meraup omzet Rp7 juta per hari. Yudi tak serta merta memperoleh pendapatan yang sangat menggiurkan itu. Ia merintis bisnis jamur tiram sejak 2010. Bermula dari 1 kumbung pada 2010, kini kumbung jamur itu menjadi 18 buah. Itu belum termasuk kumbung milik mitra.

Yudi adalah salah satu potret pemuda yang memilih jalan hidup sebagai petani. Ia melawan arus dimana banyak pemuda menjauhi dunia pertanian, Yudi justru menggelutinya. Selain Yudi adapula Hafidz Ilman Albana, peternak domba di Karawang, Jawa Barat. Ia memutuskan menjadi peternak domba usai menempuh pendidikan di Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor. Semula pemuda berusia 25 tahun itu memperoleh omzet Rp3 juta—Rp5 juta setiap bulan dari hasil perniagaan domba. Kini ia meraup omzet Rp60 juta— Rp90 juta saban bulan. Peningkatan pendapatan itu karena ia juga menjual daging domba siap santap untuk akikah.

Kisah Yudi dan Hafidz itu terekam pada Trubus edisi Oktober 2017. Pada edisi istimewa itu Trubus  menyajikan topik tentang kisah 28 pemuda yang bergelut di dunia pertanian. Mereka berusia maksimal 35 tahun. Meski muda, pengalaman beragribisnis telah teruji. Untuk menyebarluaskan kisah para petani muda itu Trubus menggelar acara spesial Gelar Wicara Wiratani Muda Indonesia bertema “Jadi Petani Itu Keren!” tepat di hari sumpah pemuda, 28 Oktober 2017.

Dalam acara itu hadir 10 pemuda yang memilih agribisnis sebagai pegangan hidup. Mereka berbagi pengalaman kepada 250 mahasiswa dan puluhan peserta dari kalangan akademisi, peneliti, pemerintah, dan lembaga keuangan. Yudi Permana dan Hafidz Ilman Albana pun hadir sebagai narasumber pada acara yang berlangsung di IPB International Convention Centre itu. Narasumber lain yang turut berbagi inspirasi antara lain Aang Permana (pebisnis ikan), Eva Lasti Apriani Madarona (pebisnis bunga edible), Destario Metusala (peneliti anggrek), Sutarjo (pekebun buah naga), Rio Erlangga (pekebun jeruk), dan Kevin Hilarius (pebisnis ikan hias). “Dengan acara ini diharapkan menjadi inspirasi bagi para pemuda di Indonesia bahwa menjadi petani itu menjanjikan dan keren,” tutur Evy Syariefa, Pemimpin Redaksi Trubus.***

Tags: , , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software