Vannamei di Emper

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 03/12/2018

Kepala Pemasaran Majalah Trubus, Supri Handoyono.

Lazimnya petambak membudidayakan udang Litopenaeus vannamei di pesisir atau lahan bekas mangrove. Namun, Tommy Soeharto membesarkan udang kaki putih—julukan untuk vannamei—di teras rumahnya di Menteng, Jakarta Pusat. Tommy menebar bibit udang vannamei di kolam terpal berdiameter 3 meter. Pada awal penebaran benih kadar salinitas dipertahankan 32 ppm. Kadar salinitas itu berangsur-angsur turun hingga belasan ppm saat panen pada umur 100 hari.

Ia sukses memanen udang anggota famili Penaeidae itu. Informasi mengenai budidaya udang vannamei di teras rumah sangat menarik. Harap mafhum, masyarakat lazim membudidayakan si kaki putih di tambak bekas mangrove. Inovasi itu memungkinkan masyarakat perkotaan membesarkan udang asal Amerika Tengah itu. Apalagi harga vannamei juga menggiurkan, yakni Rp120.000 per kg terdiri atas 20—30 ekor.

Jika bobot lebih rendah, misalnya 60—70 ekor per kg maka harganya pun lebih rendah, yakni Rp60.000 atau Rp80.000 (40—50 ekor). Bahkan, masyarakat pun berpeluang beternak udang di atas lahan pasir dengan teknologi biocrete. Inovasi lain adalah budidaya udang superintensif sehingga peternak mampu melipatgandakan populasi benih hingga dua kali lipat. Beragam teknologi itu menjadi jalan keluar atas masalah budidaya udang vannamei.

Pembaca yang terhormat, inovasi udang vannamei menjadi bahasan utama di Majalah Trubus edisi Desember 2018. Tentu saja artikel menarik lain tersebar di berbagai rubrik. Di Rubrik Buah, misalnya, terdapat tulisan mengenai kiat cepat membuahkan anggur dalam pot. Pehobi tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memetik buah anggur di halaman rumahnya. Belum memiliki bibit anggur?

Silakan hubungi rekan Dian di bagian pengembangan bisnis Majalah Trubus yang menyediakan bibit anggur untuk para pembaca. Alumnus Departemen Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor itu memiliki bibit beberapa jenis anggur hasil perbanyakan okulasi. Jenis-jenis anggur itu sudah terbukti berbuah di Jakarta dan sekitarnya. Penanaman Vitis vinifera di lahan sempit bahkan di pot pun memungkinkan.

Selain itu kami juga mengabarkan mutasi di jajaran pemasaran Majalah Trubus. Supri Handoyono resmi mengembang tugas baru sebagai kepala pemasaran Majalah Trubus. Semula Supri lebih banyak menangani iklan di Majalah Trubus yang berumur 49 tahun pada Desember 2018. Pray—begitu rekan-rekannya di kantor memanggil—bergerak cepat membenahi sektor pemasaran.***

Salam

Tags: , , , , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software