The 1st Millennial Indonesian Agropreneurs: Pasar Menjadi Kunci

Filed in Peristiwa by on 19/04/2019

Upaya Kementerian Pertanian untuk regenerasi petani bukan omong kosong belaka. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menyelenggarakan The 1st Millennial Indonesia Agropreneurs pada 18―21 April 2019. Bertempat di lower ground Botani Square, Bogor, acara ini mengusung tema “Peran Generasi Muda Pertanian Milenial Dalam Pembangunan Pertanian”.

Dalam acara ini, berjejer stan dari 6 Politeknik Pengembangan Pertanian (Polbangtan) di penjuru tanah air. Sebut saja Polbangtan Medan, Bogor, Yoma (Yogyakarta―Magelang), Malang, Gowa, dan Papua. Stan-stan tersebut menampilkan produk pertanian hasil pemberdayaan melalui program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). Peserta menampilkan beragam produk pertanian mulai dari kopi, labu, mengkudu, hingga pakan ternak.

Menurut Kepala BPPSDMP, Dr. Ir. Momon Rusmono, MS, pasar merupakan kunci keberhasilan agropreneur. “Tadinya kita mengenal petani hanya sebagai mata pencaharian. Ke depan, petani adalah profesi. Mau tidak mau petani harus menguasai sistem agribisnis mulai dari penyediaan sarana prasarana budidaya, pascapanen, dan pasar,” jelas Momon.
Perhelatan perdana ini menjadi momentum untuk mempromosikan kelompok Wirausaha Muda Pertanian kepada masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga menjadi gebrakan untuk membuka peluang kerjasama dari dunia usaha. Rangkaian acara hari pertama meliputi Millennial Music Creative, Edible Flower Show by Eva Madarona, dan pembukaan.

Hari kedua tak kalah menarik. Ada Millennials Meet Business, Millennial Innova, Millennial Debat, dan Coffee Brewing Session. Kemudian pada hari ketiga ada Entrepreneru Idol dan Millennial Talkshow yang dipandu oleh Wanda Hamidah―aktris sekaligus politikus dan notaris. Terakhir, ada sesi Running Startup Business dan kompetisi vlog berhadiah menarik.

Tags: , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software