Terkesan Koi Indonesia

Filed in Majalah, Satwa by on 21/04/2016
Fujio Oomo, "Saya sangat terkesan dengan kualitas koi Indonesia."

Fujio Oomo, “Saya sangat terkesan dengan kualitas koi Indonesia.”

Kontes ikan juga berlangsung pada 21 Februari 2016 di Food Centrum, Sunter, Jakarta Utara. Pada perhelatan itu para juri itu menobatkan koi milik Daniel Suherman dari Jakarta sebagai grand champion A. Sementara koi kepunyaan Kevin meraih gelar grand champion B. Koleksi pehobi dari Jakarta itu juga meraih gelar bergengsi lain, yakni best tategoi dan juara I Shiro B.

Menurut juri asal Niigata, Jepang, Fujio Oomo, kualitas koi pada kontes itu sangat bagus. “Saya sangat terkesan dengan kualitas ikan sehingga kompetisi berjalan sangat ketat,” kata Executive Director Nishikigoi Niigata Direct Co, Ltd., itu. Pengelola Oomo Koi Farm itu menuturkan ikan peraih grand champion memenuhi kriteria penilaian seperti kesehatan dan bentuk tubuh sehingga layak juara.

Sehari sebelumnya di lokasi sama juga berlangsung kontes akuaskap. Panitia memberikan waktu 3 jam kepada para peserta untuk membikin akuaskap langsung di lokasi. Panitia menyediakan akuarium, media, filter, dan lampu. Perlengkapan lain seperti tanaman, ikan, batu, dan kayu disiapkan peserta. Di pengujung acara juri menetapkan akuaskap bernomor 31 milik Delly Viki Ramdani sebagai juara I. Uqman Abdul dan Dama Refiyuda masing-masing meraih juara II dan III.

Kontes koi dan akuaskap itu salah satu rangkaian acara 2nd Jakarta Ornamental Fish Festival (JOFF). Menurut Ketua Penyelenggara JOFF, Sugiarto Budiono, acara itu besutan Jakarta Koi Centre. Kegiatan itu juga sebagai upaya menyemarakkan perniagaan ikan hias. “Acara berjalan sukses,” kata Ketua Komisi Ikan Hias Indonesia itu. Selain kontes koi dan akuaskap, acara tahunan itu juga berisi aneka pentas bincang seputar kesehatan dan peluang bisnis ikan hias. (Riefza Vebriansyah)

Tags: ,

Powered by WishList Member - Membership Software