Satu Sawit Banyak Faedah

Filed in Majalah, Perkebunan by on 16/05/2019

Minyak sawit mentah berwarna merah karena kaya betakaroten

 

Sawit tidak hanya minyak goreng. Produk turunannya mengisi biskuit, cokelat, atau es krim.

Pemerintah melalui Kementerian Bidang Perekonomian memandatkan penambahan olahan minyak kelapa sawit ke dalam bahan bakar solar untuk memangkas belanja impor minyak hingga US$2 miliar—US$3 miliar. Fatty Acid methyl Ester (FAME) hanya salah satu turunan dari minyak sawit mentah (crude palm oil, CPO). Tandan buah segar (TBS) sawit menghasilkan 2 jenis minyak, yaitu minyak sawit dari daging (mesokarp) buah dan minyak inti sawit dari biji.

Bagian terbanyak menghasilkan minyak (44—46% bobot buah) adalah daging buah, sementara minyak dari biji (palm kernel oil, PKO) hanya 5—7% dari total bobot buah. Sisanya adalah cangkang (38—41%) dan kulit luar (eksokarp) sebanyak 10—11% bobot.

Olahan CPO tidak sebatas minyak goreng. Berbagai proses berbeda menghasilkan beragam produk turunan. Proses pemurnian, pemutihan, dan deodorasi (refination, bleaching, deodorization, RBD) CPO menghasilkan RBD PO. Warnanya putih seperti susu lantaran mengandung stearin dan olein. Untuk menjadi minyak goreng kemasan, produsen menyingkirkan stearin dan olein sehingga menghasilkan minyak kuning keemasan.

Proses fraksionasi, interesterifikasi, atau distilasi menghasilkan berbagai produk turunan lain. Dari sana muncul stearin, olein, palmitat, asam lemak bebas (free fatty acid, FFA), trigliserida, atau gliserin. Turunan-turunan itu menjadi bahan baku berbagai produk seperti margarin, biskuit, cokelat batang, krimer nabati, sabun mandi, sampo, calir (lotion), lipstik, pasta gigi, atau deterjen. Turunan lain adalah bahan bakar nabati yang menjadi bahan campuran solar.

Proses pembuatan CPO dan PKO menghasilkan limbah cair dan padat. Keduanya kaya bahan organik sehingga dimanfaatkan sebagai pupuk. Cangkang sawit menyimpan energi besar seperti tempurung kelapa sehingga diolah menjadi arang atau briket arang. Briket arang itu juga menjadi sumber karbon aktif untuk berbagai industri. Tandan kosong pun tidak tersia-siakan. Pabrikan menebarkannya di sekitar pohon sawit sebagai tambahan bahan organik. Singkatnya, tidak ada yang terbuang dari industri sawit. (Argohartono Arie Raharjo)

Tags: , , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software