Penyuluh Karawang Belajar Hidroponik

Filed in serbaneka by on 02/03/2014

Area di sekitar talang-talang berisi aneka tanaman selada itu dengan segera sesak. Puluhan orang mengerumuni petugas yang berjaga di situ untuk menanyakan berbagai hal. Mulai dari nama jenis sayuran, pupuk yang digunakan sehingga tanaman terlihat subur, hingga cara pengairan dan pemupukan berupa air mengalir yang dipompakan dari bak penampungan.

Mereka para penyuluh pertanian se-Kabupaten Karawang yang antusias mengikuti acara pelatihan budidaya tanaman sayuran secara hidroponik yang diselenggarakan pada Rabu, 12 Februari 2014 di Saung Balai Latihan Agribisnis Pedesaan (Saung Balad) di Desa Jayamakmur, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang.

Acara itu merupakan kerja sama antara Majalah Trubus dengan Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kabupaten Karawang. Ketua Perhiptani Karawang, Yoyo Sutaryo, mengatakan kegiatan pelatihan tersebut diharapkan dapat membuka wawasan para penyuluh yang berhadapan langsung dengan para petani. Pemilihan materi hidroponik sejalan dengan potensi Karawang pada masa depan. Tokoh masyarakat Karawang yang juga mantan Kepala Badan Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian, Ir Mulyono Machmur MS, menuturkan Karawang berkembang menjadi wilayah industri dan kota jasa. Perkembangan itu membuka pasar potensial untuk produk hortikultura seperti sayuran dan buah.

532_78-3

Penandatanganan kerjasama Trubus dan Perhiptani Karawang

Acara pelatihan juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Ir Udhoro Kasih Anggoro MS, Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dr Ir Winny Dian Wibawa, MSc dan tokoh Karawang seperti Ketua DPRD Karawang H Tono Bachtiar. Dalam diaglog dengan para penyuluh Anggoro menegaskan negara dan petani membutuhkan penyuluh. Sebab membangun pertanian berarti menggerakkan petani. Di sini penyuluhlah yang menjadi penggeraknya.

Sementara Winny mengingatkan peran Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP3K) sebagai pusat koordinasi yang memiliki fungsi strategis dan menjadi rumah besarnya program pertanian di daerah. Tokoh penyuluh Indonesia, Salmon Padmanagara, yang turut hadir menyebutkan peran Trubus sebagai salah satu agen perkembangan pertanian. ***

532_78-4

Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dr Ir Winny Dian Wibawa, MSc

532_78-2

Pelatihan budidaya sayuran secara hidroponik

Powered by WishList Member - Membership Software