Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila

Filed in Peristiwa by on 11/08/2017

pancasilaKerjasamaKementerian Riset dan Teknologi Tinggi, dan

Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-Pancasila)

11-12 Agustus 2017 Istana Bogor, Jawa Barat, Indonesia

 Sejak zaman Reformasi hingga kini, Pancasila nyaris sepi dari perbincangan. Baik perbincangan dalam diskursus keilmuan, maupun perbincangan praksis tentang pengejawantahan nilai-nilai Pancasila menjadi bagian dari moralitas keseharian. Selama belasan tahun Pancasila kurang mendapat perhatian serius di sekolah. Bahkan ada kegamangan di kalangan penyelenggara negara untuk menyuarakan dan mengartikulasikan Pancasila di ruang publik. Pasokan moral yang mendominasi wacana publik termasuk peserta didik hanya diisi oleh moralitas partikular yang bersumber dari eksklusivitas. Mereka kurang terbudayakan dalam moral publik.

Penguatan kembali ideologi Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, melalui keyakinan, alam pikiran (pengetahuan), dan praktik hidup (pengamalan) perlu mendapat perhatian bersama. Segenap pemangku kepentingan perlu bekerjasama “menghidupkan dan menggelorakan kembali” Pancasila sebagai laku hidup anak-anak bangsa. Pancasila perlu menjadi gerak nadi kaum muda Indonesia, tulang sungsum bangsa, sehingga generasi muda dapat mengaktualisasikan Pancasila sebagai inspirasi dan daya dorong berprestasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Atas dasar itu, Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-Pancasila) mendukung Kemenristek-DIKTI untuk menyelenggarakan PELUNCURAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN PANCASILA, pada hari Jum’at-Sabtu (11-12 Agustus 2017) di Istana Bogor. Kegiatan ini diikuti 530 mahasiswa dan 110 dosen dari seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini digunakan pendekatan interaktif dan partisipatif, dan akan diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Tags: ,

Powered by WishList Member - Membership Software