Peluang Moringa

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 17/04/2018

Majalah Trubus terus berbenah diri. Pada usia jelita atau jelang lima puluh tahun, tampilan Majalah Trubus edisi April 2018 pun berubah. Semula hanya rubrik tertentu seperti Topik atau Laporan Khusus yang tampil dua kolom. Mulai edisi ini kolom semua rubrik sama agar terkesan jembar dan segar. Fonta teks foto juga lebih besar. Kami berharap perubahan desain itu membuat pembaca makin nyaman menikmati informasi pertanian yang lengkap dan aktual dari media yang pada 2018 berumur 49 tahun.

dari redaksiAgar pembaca nyaman, kami juga membuat navigasi untuk para redaktur tamu. Pada edisi April 2018 kami juga menyelipkan angket pembaca. Tujuannya agar kami dapat memenuhi kebutuhan informasi para pembaca. Mohon pembaca yang budiman berkenan mengisi dan mengirimkannya kepada redaksi. Cukup foto halaman angket dan kirim melalui whatsapp.

Pembaca yang terhormat, sebagian orang acap kali memberi stigma negatif pada tanaman tertentu. Padahal, di balik stigma buruk, tanaman itu amat berfaedah. Moringa oleifera atau sohor dengan sebutan kelor identik dengan tanaman yang mampu meluruhkan ilmu kekebalan.

Padahal, kandungan gizi tanaman anggota famili Moringaceae itu luar biasa. Kadar vitamin C moringa mencapai 7 kali vitamin C buah jeruk. Adapun kandungan vitamin A pada daun moringa mencapai 4 kali vitamin A pada umbi wortel. Kadar kalsium moringa 4 kali kalsium susu. Dengan beragam kandungan nutrisi itu moringa sejatinya bahan pangan ideal. Ketika terjadi kasus gizi buruk di Papua pada awal tahun 2018, moringa menjadi salah satu bahan pangan untuk mengatasinya.

Namun, popularitas moringan di tanah air redup. Padahal, pasar mancanegara banyak membutuhkannya. Produsen moringa di Jawa Tengah sampai menolak melayani permintaan ekspor akibat terbatasnya pasokan. Peluang bisnis besar itulah yang mendorong redaksi Majalah Trubus menelusuri bisnis moringa—diambil dari bahasa Tamil, yakni murungai bermakna polong bengkok. Sebutan itu mengacu pada limaran alias buah moringa ketika masih muda.

Pembaca yang terhormat, untuk mengetahui teknologi pengolahan moringa, standar mutu yang diinginkan pasar, dan serapan pasar kami menyelenggarakan pelatihan budidaya dan pengolahan moringa pada 28—29 April 2018 dan Kloter 2 12-13 Mei 2018. Segera hubungi rekan kami Dian melalui nomor telepon/whatsapp 0813-1603-4009. Sembari menimba pengetahuan, kita bisa menikmati kelezatan makanan dan minuman berbahan baku moringa.***

Salam

Tags: , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software