Peluang Bisnis 2017

Filed in dari redaksi, Rubrik Tetap by on 01/01/2017
Wartawan Majalah Trubus, Riefza Vebriansyah, meliput kayu manis di Jambi.

Wartawan Majalah Trubus, Riefza Vebriansyah, meliput kayu manis di Jambi.

Salah satu stan di arena pameran Fruit Indonesia 2016 di parkir timur Senayan, Jakarta Pusat, pada 17-20 November 2016 itu menyita perhatian. Siapa tidak tertarik mampir ke stan yang disebut sebagai stan Polisi Bertani? Sudah begitu sang penjaga stan adalah polisi berseragam lengkap. Terlebih komoditas yang disajikan juga menarik: tumpukan labu berbentuk botol berwarna krem.

Itulah labu butternut squash. Labu butternut di stan Polisi Bertani itu hasil karya Bripka Sigit Krisyanto. Anggota polisi yang bertugas di Polsek Juwangi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, itu menanam labu butternut di Desa Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Ia juga bermitra dengan petani di Pati, Kudus, Jambi, dan Kalimantan Tengah. Dari usahatani labu butternut, Sigit mengantongi omzet Rp50-juta per 3 bulan.

Pamor labu butternut memang tengah naik daun. Di Jember, Jawa Timur, Asroful Uswatun, juga menanam labu butternut dan mengolah menjadi berbagai penganan. Begitu juga Tatag Hadi yang mengembangkan kerabat melon itu di Kabupaten, Bogor, Jawa Barat. Tidak hanya bentuknya yang menarik, labu butternut disebut-sebut sebagai salah satu pilihan pangan alternatif masa depan. Sebab kandungan betakaroten, serat, dan karbohidratnya tinggi. Itu yang memunculkan peluang bisnis mengebunkan labu butternut.

Pembaca terhormat, peluang bisnis labu dengan daging buah padat tapi empuk itu salah satu dari rangkaian topik peluang bisnis 2017 yang menjadi sajian utama pada Trubus edisi Januari 2017. Selain labu, peluang bisnis lain yang diprediksi moncer di 2017 yakni berkebun buah ceplukan, sayuran umur pendek atau microgreen, melon eksklusif, serta pakan ternak alami.

Sajian utama itu dilengkapi dengan laporan khusus tentang potensi pengembangan buah-buah pemenang Lomba Buah Unggul Nasional 2016, di antaranya avokad misra nelly, jambu air madu deli hijau, mangga arumanis eksklusif, dan jeruk keprok batu 55. Artikel lain yang tidak kalah menarik yakni dari arena Nusatic 2016, lomba dan pameran ikan hias skala internasional yang menjadi embrio pesaing even Aquarama yang selama ini menjadi salah satu barometer tren ikan hias dunia. Pembaca terhormat, semoga sajian kami dapat terus menginspirasi ide peluang bisnis dan hobi Anda. Selamat membaca. ***

Tags: , ,

Powered by WishList Member - Membership Software