Paras Mulus Karena Kefir

Filed in Majalah, Obat tradisional by on 11/01/2017

Konsumsi kefir menghaluskan kulit muka dan menyingkirkan jerawat.

Paras Poppy Arsa Diwirya sebelum konsumsi kefir (insert) dan setelah rutin konsumsi.

Paras Poppy Arsa Diwirya sebelum konsumsi kefir (insert) dan setelah rutin konsumsi.

Bagi Poppy Arsa Diwirya paras menarik aset berharga. Bekerja di salah satu pengembang perumahan mengharuskan ia kerap bertemu calon pembeli maupun penanam modal. Masalahnya, kulit muka Poppy sensitif. Tuntas kedatangan “tamu” bulanan, tamu lain ganti mengunjungi wajahnya. Perempuan berusia 42 tahun itu menjadi langganan jerawat sejak duduk di bangku kuliah atau selama lebih dari 20 tahun.

Poppy tidak abai dan pasrah dengan kondisinya. Ia rajin membersihkan muka setiap pulang bekerja. Setiap hari ia berjalan kaki minimal 30 menit untuk menyeimbangkan hormon dan menjaga stamina. Semua itu gagal mencegah jerawat. Benjolan merah tetap rutin menghinggapi wajah ayu Poppy. Itulah sebabnya Poppy mencoba paket perawatan lengkap di sebuah klinik perawatan kulit terkemuka.

Pori-pori tersumbat
Pada kunjungan pertama, Poppy mesti merogoh kocek hampir Rp2-juta. Kunjungan selanjutnya, meski jumlah yang ia bayarkan berkurang, tetap saja ibu 2 anak itu harus membayar mahal untuk menebus antibiotik untuk konsumsi di rumah. Saking inginnya memiliki wajah mulus, Poppy mencoba 2 merek perawatan kulit ternama dalam waktu berdekatan.

Berhasil? Sayang, meski membelanjakan hampir Rp5-juta, ia belum terbebas dari rongrongan jerawat. “Saya malah menderita radang lambung,” ungkap sarjana Ilmu Komunikasi alumnus Universitas Padjadjaran itu. Akhirnya Poppy pasrah. Selama 6 bulan, ia berhenti menjalani perawatan maupun mengonsumsi produk apa pun. Ia hanya membersihkan riasan dengan pembersih biasa setiap malam.

Kefir mengandung probiotik lengkap dan seimbang.

Kefir mengandung probiotik lengkap dan seimbang.

Kulit di bagian muka sangat rentan lantaran paling tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Sudah begitu, wajah bagian tubuh yang nyaris tidak pernah tertutup pakaian sejak lahir. Padahal wajah adalah “perwakilan” diri seseorang yang pertama kali dilihat orang lain. Itu sebabnya meski dianggap sepele sebagian orang, jerawat justru menjadi masalah besar bagi orang-orang seperti Poppy.

Menurut herbalis estetika di Jakarta, dr Soeklola Mulyadi MSi, jerawat muncul akibat peradangan kelenjar minyak dan folikel rambut di kulit. Peradangan itu terjadi lantaran pembuangan kotoran terganggu akibat penyumbatan pori-pori. Kehadiran bakteri seperti Corynebacterium acnes memperparah peradangan. Pada kaum hawa, jerawat bisa terjadi sampai usia 40 tahun atau menjelang menopause.

Soeklola menyarankan agar perempuan dengan kulit sensitif atau menderita jerawat menghindari sabun antiseptik yang mengubah keseimbangan populasi bakteri di kulit wajah.

“Hindari juga kosmetik yang memicu komedo,” ujar alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu. Meski mengetahui efek samping, Poppy tidak bisa lepas dari bahan kosmetik lantaran harus menjaga penampilannya. Suatu hari ia sakit akibat kesibukan beberapa hari berturut-turut. Diagnosis dokter menyebutkan tekanan darah Poppy rendah sehingga ia harus berhati-hati ketika beraktivitas.

Muda kembali

Kosmetik berbahan kefir mempercepat peremajaan kulit.

Kosmetik berbahan kefir mempercepat peremajaan kulit.

Saat menjenguk Poppy, seorang teman membawakan kefir untuknya. Namun, rasa kefir yang masam membuat Poppy hanya mengonsumsi setengah gelas setiap pagi. Itu pun dengan menambahkan madu untuk menetralkan rasa masam kefir. Sepekan sejak rutin konsumsi kefir, anak ke-7 dari 9 bersaudara itu merasakan kulit wajahnya lebih kencang dan halus. Jerawat yang menghiasi kulit wajah menghilang satu demi satu.

Bopeng-bopeng di pipi bekas jerawat pun perlahan menutup. Ia pun menghubungi sang teman untuk melacak muasal kefir. Poppy lantas rutin mengonsumsi kefir buatan produsen kefir dan berbagai olahan susu di Antapani, Kota Bandung. Ia meningkatkan konsumsi menjadi 2 gelas sehari, pada pagi hari sebagai pengganti sarapan dan malam sebelum tidur. Mengetahui perubahan signifikan, Poppy yakin khasiat kefir sebagai antijerawat.

Kemal Faisal Ferik, produsen kefir di Bandung.

Kemal Faisal Ferik, produsen kefir di Bandung.

Itulah sebabnya Poppy meluluri wajah dengan kefir. Klien yang baru bertemu malah mengira usia saya 20 tahun lebih muda,” ungkap Poppy dengan raut muka berbinar. Kini Poppy tidak perlu lagi mengoleskan kefir minuman sebagai lulur wajah.

Produsen tempat ia biasa membeli telah membuat kosmetik berupa krem, pembersih, dan calir atau lotion berbahan kefir. Produsen kosmetik berbasis kefir di Bandung, Kemal Faisal Ferik (44), menggunakan kombinasi kefir berbahan susu kambing dan susu kedelai organik. Meskipun baru sekitar setahun meluncur ke pasar, kosmetik kefir buatannya laris dicari konsumen.

Ia yakin menjadikan kefir sebagai bahan perawatan kulit lantaran, “Kandungan probiotiknya lengkap dan seimbang,” ujar produsen kefir sejak 2008. Manfaat kefir untuk kesehatan kulit justru lebih dahulu populer di negara barat. Konsultan kecantikan, terapis kulit, penulis, dan kolumnis di Inggris, Amy Saunders, menyatakan bahwa dahulu, orang justru mengandalkan mikrob probiotik untuk memfermentasi makanan sehingga lebih tahan lama. Dalam “Hello Kefir, Goodbye Acne”, Amy menyatakan bahwa manusia sistem pencernaan manusia berevolusi untuk menerima hasil fermentasi bakteri probiotik.

Smoothie, salah satu turunan kefir produksi Kemal Faisal Ferik.

Smoothie, salah satu turunan kefir produksi Kemal Faisal Ferik.

Tanpa bakteri “bersahabat” itu, kinerja pencernaan pun terganggu. Tanda yang paling tampak adalah gangguan kesehatan kulit lantaran gangguan pencernaan mengubah keseimbangan hormonal. Menurut dokter penganjur herbal di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, dr Prapti Utami, bakteri probiotik memperbaiki keseimbangan sistem hormonal, yang akhirnya meningkatkan fungsi vital tubuh seperti regenerasi sel dan sistem kekebalan.

Dengan perbaikan fungsi vital itu, kulit pun cepat mengatasi peradangan maupun infeksi bakteri pemicu jerawat. Bopeng bekas jerawat juga cepat menutup lantaran bakteri probiotik dalam kefir mempercepat regenerasi sel dalam tubuh. “Konsumsi secara oral dibantu aplikasi topikal (dari luar tubuh, red.) mempercepat peremajaan kulit wajah,” kata Faisal.

Itu sebabnya untuk perbaikan kulit, pria 44 tahun itu menganjurkan konsumsi kefir luar dalam demi memperoleh hasil terbaik. Poppy Arsa Diwirya sudah membuktikan langsung. Selain murah, juga mudah, terbukti manjur, lezat, dan tanpa efek samping. (Argohartono Arie Raharjo)

Tags: , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software