Mimbar Pembaca Juli 2018

Filed in mimbar pembaca, Rubrik Tetap by on 02/07/2018

Durian Suntikan

Trubus Edisi Juli 2018 Highrest.pdfSaya berkunjung ke insta rare fruit hunters. Pada salah satu postingan terbaru membahas durian yang disuntik bahan kimia tertentu di Thailand. Menurut saya hal itu sangat mengecewakan, terutama bagi wisatawan. Beberapa tahun belakangan buah tropis Asia Tenggara seperti durian, manggis, cempedak, duku, mangga, dan buah naga membuat wisatawan terkesan. Harapan saya semoga praktikus buah di Indonesia tidak melakukan hal sama.

Menyuntikkan cairan tertentu ke buah durian malah menghancurkan petani dan konsumen. Padahal, kesadaran konsumsi buah tropis di luar negeri sedang meningkat. Semoga kejadian itu bisa menjadi pembelajaran bagi kita. Mungkin buah tropis asal Indonesia ukurannya biasa dan berwarna kurang meimikat. Namun, memiliki keunggulan sehat dikonsumsi dan bisa menjadi nilai tambah. Semoga kedepannya bisa menggairahkan pertanian Indonesia khususnya generasi muda.

Maria Anna Indita Hernawati
maria.anna.indita@gmail.com

Penambahan bahan kimia berbahaya pada buah tentunya kurang baik. Trubus belum mengetahui kasus penyuntikan pada durian. Semoga praktikus di Indonesia tidak melakukan cara yang merugikan pihak tertentu.

Artikel Burung
Saya pehobi burung berkicau. Mohon Majalah Trubus memperbanyak informasi tentang burung berkicau pada edisi yang akan datang. Terimakasih

Trubus Edisi Juli 2018 Highrest.pdfDede Sadeva
Kabupaten Badung, Bali

Terimakasih atas masukan Anda. Trubus terakhir mengulas mengenai kontes burung berkicau pada edisi Mei 2018 berjudul Jawara Kontes Kukila.

Buku Vanili
Apakah Trubus menerbitkan buku budidaya tanaman vanili?

Asiilah Farah Amlia
Malang, Jawa Timur

Trubus belum menerbitkan buku budidaya vanili. Terimakasih banyak atas masukannya.

Bundel Hidroponik
Apakah bundel Majalah Trubus bertema hidroponik masih tersedia?

Kumbang Madu
Jakarta

Kami menyediakan bundel Trubus 2014 Volume 1: Peluang Pasar Hidroponik dengan harga Rp50.000 per eksemplar. Adapun bundel Trubus 2015 Volume 2: Tingkatkan Produksi Sayuran Hidroponik dengan harga Rp60.000 per eksemplar. Untuk pemesanan silakan berkunjung ke www.trubusonlineshop.com atau menghubungi Imelda di 0812-1040-0098.

Bayar Pelatihan di Tempat
Saya tertarik mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Majalah Trubus. Apakah memungkinkan membayar pelatihan langsung di lokasi pelatihan ?

Sabat Mbonk
Depok, Jawa Barat

Peserta boleh membayar pelatihan di tempat atau transfer terlebih dahulu ke nomor rekening 477-009-9981 Bank BCA atas nama PT Trubus Swadaya. Setelah transfer boleh konfirmasi ke Dian 0813-1603-4009. Terima kasih.

Pasar Moringa
Di daerah saya, Aceh kelor banyak digunakan sebagai tanaman penyangga dan pagar pekarangan. Mohon informasi pasar moringa.

Ansar Nasa
Banda Aceh

Trubus mengulas moringa atau kelor sebagai topik pada edisi April 2018. Adapun pelatihan moringa terselenggara pada tanggal 28-29 April 2018 lalu. Informasi pelatihan moringa selanjutnya dapat menghubungi Dian di 0813-16034009. Pelatihan kelor mendatang akan dihelat pada 28—29 Juli 2018.

Budidaya Gabus
Bagaimana membudidayakan ikan gabus?

Trubus Edisi Juli 2018 Highrest.pdfTlogotirto
Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Informasi itu dapat diperoleh dari buku Budidaya Ikan di Lahan < 500 m2. Untuk pemesanan buku silakan menghubungi Imelda di 0812-1040-0098.

Minum Kopi Saat Hamil
Bolehkah minum kopi saat hamil? Saat saya hamil kerap mengonsumsi kopi, karena makanan lain tidak bisa masuk.

Sri
Tulungagung, Jawa Timur

Perempuan hamil tetap boleh mengonsumsi kopi, sepanjang tidak berlebihan. Konsumsi kopi yang mengandung kafein tinggi berkaitan erat dengan risiko anak obesitas. Perempuan hamil yang mengonsumsi kafein, berpeluang 89% melahorkan bayi obesitas dibandingkan dengan anak yang ibunya tidak mengonsumsi kafein. Beberapa studi merekomendasikan batas maksimal konsumsi kafein pada perempuan hamil sekitar 200—300 mg atau kurang lebih 1,5—2 cangkir per hari. Namun menurut De-Kun Li, MD, PhD salah satu peneliti, jika ibu hamil ingin minum kopi silakan saja tetapi jangan berlebihan.

Trubus Edisi Juli 2018 Highrest.pdfTumpangsari Kentang
Apakah kentang bisa ditanama berbarengan dengan tanaman lain?

Sacci Priscilia
Georgetown, Malaysia

Kentang lazim dibudidayakan secara tumpangsari atau berbarengan dengan komoditas sayuran lain. Petani di Pangalengan, Kabupaten Bandung, lazim menanam berbarengan dengan sayuran lain seperti bawang daun, dan seledri. Pola penanamannya menggunakan guludan. Kentang di tengah dan sayuran lain di samping guludan.

Santap Biji Anggur
Biji anggur sohor kaya faedah menyembuhkan berbagai penyakit. Bagaimana cara konsumsi biji anggur yang baik?

Meri Marlina
Jakarta

Banyak cara mengonsumsi biji anggur. Bisa dengan mengunyah biji anggur secara langsung. Konsumsi biji berbarengan dengan buah anggur. Cara lain dengan konsumsi ekstrak biji anggur. Kini sudah banyak produsen herbal memproduksi biji anggur dalam bentuk kapsul.***

Tags: , , , , , , ,

Powered by WishList Member - Membership Software